Saturday , 2 August 2014
Kabar Ticker

SATLINMAS MILIKI PERAN PENTING DI DESA DAN KELURAHAN

KL – LINGGA, Bupati  kabupaten Lingga, H. Daria,ketika memberikan amanat pada Upacara Peringatan Hari Satlinmas di Lapangan kantor Bupati LIngga,dalam amanatnya bupati Lingga menyampaikan pentingnya Satuan Perlindungan Masayarakat (Sat Linmas) d di setiap desa dan kelurahan  dibekali pengetahuan dan kemampuan kewspadaan dini. Hal ini dilakukan agar anggota Sat Linmas mempunyai kepekaan, kesiagaan dan antisipasi dalam menghadapi segala potensi dan indikasi timbulnya bencana alam.Rabu, 25/04

“Seiring dalam perkembangannya Satlinmas dapat terus memelihara dan meningkatkan eksistensi dalam melakukan pengabdian kepada masyarakat,” kata Daria saat upacara HUT Sat Linmas, ke 50 di halaman kantor bupati Lingga, kemarin.

Dilanjutkan,  letak dan geografis Lingga yang terdiri banyak pulau menyebabkan potensi terjadinya bencana alam yang menimpa masyarakat semakin tinggi. Peran serta anggota Linmas sangat penting dalam upaya membantu pengamanan dan ketertiban di suatu daerah dalam hal ini mempermudah penanganan bencana alam.

“Peran serta Linmas untuk membantu pemerintah dalam kejadian bencana alam juga tertuang dalam Surat Edaran Mendagri No 3624396SJ Tanggal 11 Desember Tahun 2009 Tentang Pemberdayaan Satuan Perlindungan Masyarakat Dalam Membantu Kegiatan Penanggulangan Bencana Banjir dan Tanah Longsor,” sebutnya.

Dituturkan, dalam surat ederan tersebut Mendagri meminta kepada Gubernur, Bupati dan Walikota yang wilayahnya rawan bencana untuk menginstruksikan untuk dapat memberdayakan Sat Linmas dengan optimal. “Di Lingga Sat Linmas saat ini benaung di Sat Pol PP yang sebelumnya di Bakesbang Lingga. Pemkab Lingga juga memberikan insentif setiap anggota Linmas di Kabupaten Lingga,” sebutnya.

Selain itu beliau menuturkan, seiring dengan bertambahnya usia, Sat Linmas di tuntut untuk lebih menunjukan dedikasi tinggi dalam membantu tugas pemerintah daerah untuk menanggulangi bencana alam bersama segala lapisan amsyarakat lainnya. “Tugas penanggulangan bencana bukan hanya tanggung jawab pemerintah semata, tapi juga seluruh komponen serta lapisan masyarakat,” imbuhnya.(KL – Red )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


seven + = 14

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Scroll To Top

Switch to our mobile site