Monday , 10 May 2021
Kabar Ticker

Bapenda Lingga Akan kerja Sama Dengan PT Surveyor Persero,Untuk Mendongkrak PAD Kabupaten Lingga

KL- Untuk mengoptimal Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari Sektor Perpajakan, Pemkab Lingga melalui Bapenda Kabupaten Lingga Akan mengadakan kerja sama dengan PT.Surveyor Persero untuk mengdongkrak sektor dari Pajak Minerba atau Galian C dalam rangka untuk peningkatan PAD kabupaten Lingga ” Ungkap, Kepala Dinas Bapenda Drs.Muzamil yang diwakili Oleh Seketraris Bapenda .A.Mulkan.Azima. diruang kerjanya (39/03/2019)
Selanjutnya Mulkan Menjelaskan Bentuk kerjasama yang akan kita laksanakan dengan PT.Surveyor Persero ini akan dituangkan dalam Mou dalam waktu dekat ini. Isi dari Mou tersebut adalah kerjasama untuk mengdongkrak pajak dari sektor minerbal dan sekaligus pengawasan ke setiap PT. Pasir yang beroperasi dikabupaten lingga.
Sehingga sewaktu melakukan Loading atau mengangkut pasir keluar dari Kabupaten Lingga. Ini akan selalu diawasi Oleh PT.Surveyor Persero nantinya.
Karena selama ini kita tidak tahu berapa jumlah Ton atau Kubik pasir yang diangkut keluar Kabupaten Lingga, sehingga kita dari Bapenda sangat sulit untuk memantau, hanya tahu laporannya saja, apalagi pelabuhan-pelabuhan tempat Loading atau pengangkutan pasir keluar dari kabupaten lingga ini, sangat sulit untuk kita jangkau ditambah lagi keterbatasan porsonil kita dilapangan.
Dengan Adanya kerjasama ini nantinya kita dapat mengawasi langsung dilapangan setiap PT pasir yang ingin Membawa pasirnya keluar dari Kabupaten lingga dan juga kita akan tahu berapa Jumlah pasir yang dimuat kedalam Tongkang setiap kali mereka membawa pasir keluar dari Kabupaten Lingga, yang selama ini kita selalu menduga, kecolongan mengenai berapa jumlah pasir yang diangkut” “ujar, Mulkan.
PT Surveyor Persero adalah .PT Plat Merah . PT ini juga sudah bekerjasama dengan Pemkab Karimun dan Pemkab Bintan untuk mengdongkrak PAD di dua kabupaten tersebut sehingga PAD di daerah ini meningkatkan menjadi 40 sampai 50% pertahun dari sektor pajak minerbal.
Kalau untuk kabupaten lingga Insya allah kerja samanya akan kita laksanakan dalam waktu dekat ini.
Kita berharap Dengan adanya kerjasama dengan PT tersebut peningkatkan PAD dari sektor Minerbal atau galian C Yang terdiri galian pasir dan batu-batuan sehingga dari sektor pajak minerbal akan meningkat.
Kita juga sangat berharap.dengan ada kerjasama ini agar PAD kita pada tahun 2019 ini akan meningkat lagi , dari pada tahun sebelumnya,untuk tahun 2018 PAD kita sudah Mencapai 30 Milliar lebih, ini sudah melebihi target pada tahun tersebut.
Selanjutnya Mulkan juga menjelaskan selain dari Pajak Minerba atau Galian C. Bapenda Kabupaten lingga juga menggenjot PAD dari setoran Pajak PBB (Pajak Bumi dan Bagunan).
Untuk sementara ini dalam rangka peningkatan pajak PBB, dalam dua bulan terakhir ini tim kita sudah turun keseluruh – Kecamatan yang ada di kabupaten Lingga untuk mengadakan Rapat Pemutakhiran Data PBB-p2 sekaligus pra cetak Massal SPPT. Dan kita juga sudah bekerjasama dengan UGM ( Universitas Gajah Mada) dalam rangka PESKP (Pusat Studi Ekonomi Kebijakan Publik) untuk Aplikasi pajak PBB.
Selain itu kita juga mengenjot PAD dari sektor Perhotelan dan Restoran” Insya allah pada tahun 2019 ini PAD kita akan meningkat dari pada tahun sebelumnya “Tutupnya.( Sam).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


six − 2 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top