Wednesday , 12 May 2021
Kabar Ticker

BLH Optimis Lingga Raih Adipura

06-05-02

KL РKepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lingga,Drs  Junaidi Adjam mengaku optimis dengan keberhasilan Lingga yang akan menyandang piala Adipura. Dari hasil pantauan terakhir kondisi yang diminta sesuai dengan indikator penilaian, sehingga Kabupaten Lingga masuk dalam verifikasi dari 40 titik pantau yang ditentukan.

Saat ini dari 74 Kabupaten/Kota se-Sumatera yang mengikuti penilaian Adipura, hanya 33 yang lolos dari penilaian tahap awal, termasuk Kabupaten Lingga sendiri yang berhasil menduduki peringkat ke-19.

“Kita bukan saja mengejar Adipura saja, tapi dampak positifnya, bagaimana kita bisa mengejar dana pusat untuk infrastruktur sarana dan prasarana sampah serta pengolahan sampah,” ungkapnya,

Menurutnya, apa bila Lingga meraih piala Adipura, sudah Barang tentu akan memberi nilai plus tersendiri bagi Daerah. Sebab prestasi terbaik suatu daerah dapat dilihat dari dua kategori yakni predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dan peraih kota Adipura.

Dengan level itu sambungnya, mudah-mudahan ditahun 2018 kedepan, daerah peraih Adipura akan mendapat reward dari pemerintah pusat, khususnya bidang Lingkungan Hidup akan mendapat pembagian berupa DAK.

“Waktu pertemuan di Palembang, mudah-mudahan tahun 2018 ini akan ada reward berupa DAK, khusus untuk Lingkungan Hidup. Jadi Pemerintah Pusat memprioritaskan bantuan ini bagi daerah peraih Adipura. Artinya bahwa terkait Adipura menyangkut kebersihan dan lingkungan hidup,” paparnya.

Sejauh ini fokus yang ditentukan untuk Lingga, dua daerah yakni Daik dan Dabosingkep. Sementara yang dominan dalam penilaian dia sampaikan untuk penilaian Adipura Buana yakni Tempat Pembuangan Akhir (TPA), pengelolaan persampahan, dan bank sampah, terlebih untuk nilai tertinggi tentang kebersihan pasar.

Dilanjutkan, mengenai tentang Adipura bukan hanya mengejar lebel peraih Adipura tetapi lebih jauh bagaimana mendidik, mengajar dan mengajak masyarakat lebih disiplin tentang kebersihan termasuk dengan pengelolaan dan pemanfaatan sampah.

“Jika ini bisa terwujud, ini merupakan prestasi, apa lagi ini tahun pertama kita mencoba sampai ke tahap verifikasi. Saya yakin kalau ini akan berhasil,” pungkasnya. (mrs).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


7 − = five

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top