Wednesday , 12 May 2021
Kabar Ticker

Dinas Kebudayaan Lingga ,Adakan Pembinaan Kompang Dan Tari Persembahan Di Desa Mentuda.

KL – Pemerintah kabupaten lingga melalui Dinas Kebudayaan menurunkan Tim pembinaan Kesenian ke Desa Mentuda kecamatan lingga.
Tim yang diketuai oleh Andre P.Lesmana stap dari Dinas Kebudayaan yang juga panata Tari Kabupaten lingga ini telah turun ke Desa Mentuda sejak tanggal 20 april 2019 selama 3 hari. Selain andre yang datang ke Desa mentuda juga ada pak Sulaiman Atan yang khusus ditugaskan untuk pembinaan kompang di Desa tersebut “ujar Ir M.Ishak Kadis Kebudayaan Kabupaten Lingga.
Menurutnya Ini memang program dan kegiatan Dinas Kebudayaan tahun Anggaran 2019. Selain memberikan pembinaan dan juga pendampingan, selanjutnya Dia mengatakan sasaran dari kegiatan ini untuk membentuk Kelompok dan Sanggar supaya ada yang bertanggung jawab mengelolanya dan juga untuk kelangsungannya. Di bidang tari, untuk tari kita fokuskan dulu Tari persembahan, sehingga bila nanti Desa Mentuda kedatangan tamu, tim.Tari persembhannya sudah ada dan sudah siap tampil.
Begitu juga untuk kompang, bila nanti ada kegiatan Seni Budaya di Desa Mentuda atau penyambutan tamu terhormat, kompang Desa Mentuda sudah Siap.
Selain itu sebulan yang lalu di Desa Mentuda juga telah dibentuk Lembaga Adat Melayu (LAM ) Desa Mentuda beserta pengurusnya, .
Dengan adanya kelompok dan sanggar , juga Lembaga Adat Melayu (LAM) mudah mudahan,Seni dan Budaya Melayu di Desa Mentuda dapat dilestarikan.
Kegiatan ini bukan hanya dilaksanakan Didesa Mentuda saja, akan tetapi juga akan dilaksanakan kepada beberapa Desa dan Kecamatan yang ada di Kabupaten Lingga terutama didaerah Perkotaan. (Sam)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


3 − = one

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top