Tuesday , 19 October 2021
Kabar Ticker

DINSOSNAKERTRANS LATIH TAGANA BERBASIS MASYARAKAT

Lingga – Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Lingga menyelenggarakan pelatihan Taruna Siaga Bencana (Tagana). Pelatihan ini akan diselenggarakan selama lima hari dari tanggal 13 s/d 18 Juni 2012.

Kabid Transmigrasi Dinsosnakertrans Kabupaten Lingga, Elmizar kepada wartawan mengatakan, Sabtu (17/07) mengatakan pelatihan akan diikuti perwakilan masyarakat dari 5 kecamatan yang ada di Kabupaten  Lingga.

Menurut Elmizar, pada kegiatan ini diikuti 35 orang dari seluruh kecamatan yang ada. Pelatihan diselenggarakan dalam rangka meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang bagaimana  pertolongan bila terjadi suatu bencana di pedesaan.

“Ini kegiatan rutin tahunan yang diselenggarakan Dinsosnakertrans Kabupaten Lingga. Tujuanya memberikan ilmu pengetahuan ke masyarakat dalam mengatasi suatu peristiwa bencana di pedesaan sehingga masyarakat dapat siap siaga bila terjadi bencana,” ungkapnya.

Sementara itu, Marjoni koordinator Tagana Kabupaten Lingga mengatakan, adapun  materi yang akan di sampaikan oleh instuktur bagi Taruna ialah pemantapan Evakuasi darat dan laut dalam hal Horizontal dan Vertical Rescue, manajemen Shelter atau Tenda, Tim reaksi cepat atau TCR serta manajemen Logistik.

Dalam pelatihan yang bertemakan “ penangulangan bencana kepada  Taruna Siaga Bencana ( Tagana ) yang berbasis masyarakat” , pihak Dinsos, aku marjono akan menghadirkan beberapa narasumber. Diantaranya, Tagana Provinsi dan beberapa tenaga ahli lainnya yang di datangkan dari Kota Batam dan Provinsi Kepri.

“Dengan terselenggaranya kegiatan pelatihan Tagana ini maka masyarakat yang telah ikut sebagai peserta dapat memberikan pertolongan dan mudah mengatasi suatu bencana yang terjadi di pedesaan,” harap Elmizar. (her/jal)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


four × = 36

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top