Monday , 21 June 2021
Kabar Ticker

Distanhut Wacanakan Perternakan Penuhi Kebutuhan Daging Sapi

Sapi Madura Salah satu Jenis Sapi Yang Diternakan Di Lingga

Sapi Madura Salah satu Jenis Sapi Yang Diternakan Di Lingga

Daik KL- Dinas Pertanian dan Kehutanan (Distanhut) Lingga merencanakan peternakan Lembu berskala besar untuk pemenuhan kebutuhan masyarakat Kabupaten Lingga, tiga wilayah tempat peternakan yaitu satu lokasi di pulau Singkep yakni desa Marok dan dua lokasi lagi diwilayah pulau Senayang, yakni pulau Cempa dan Mabung.

Kepala Dinas Pertanian Dan Kehutanan Lingga, Rusli Ismail, program distanhut tahun-tahun sebelumnya juga telah membantu pengadaan lembu bagi masyarakat desa Mensanak, kecamatan Senayang, Sungai Pinang dan desa Bukit Harapan. Hasilnya pun dikatakan Rusli sangat baik. Ternak yang dikelola masyarakat, berkembang.

Dijelaskan, Rusli menimbang bahwa perternakan Sapi/Lembu yang dilakukan masyarakat cukup baik,karnanya kedepannya akan diupayakan peternakan atau budi daya Sapi yang lebih besar, hal ini untuk memenuhi kebutuhan daging Sapi bagi masyarakat Lingga, dan bahkan apabila menghasilkan produksi yang tinggi bukan tidak mungkin dapat untuk memenuhi kebutuhan bagi daerah lain di Provinsi Kepri seperti Tanjung Pinang dan Batam.

Diingatkannya, perternakan yang akan dijalankan kedepan harus lebih profesional, bukan sekedar bobot ternak yang, namun mengenai pakan dan lahan perternakan atau kandang dari ternak juga harus lebih diperhatikan, hal itu dijawab rusli setelah disinggung mengenai masih banyaknya masyarakat yang memiliki hewan ternak yang tidak melakukan perawatan yang maksimal yakni hanya dengan melepas ternak, hal tersebut tentunya akan berdampak kurang baik bagi ternak maupun masyarakat lain yang ada di daerah tersebut. (Rie)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


7 + seven =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top