Wednesday , 28 July 2021
Kabar Ticker

DKP Siap Dukung Program Coremep

Program Pelestarian Terumbu Karang

Program Pelestarian Terumbu Karang

Dabo KL- Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Lingga terus mendukung dilakukannya pelestarian terumbu, Program dalam pelestarian terumbu karang menjadi hal yang penting mengingat Kabupaten Lingga merupakan kawasan yang 96 % geografisnya adalah lautan dan tentunya memiliki masyarakat yang bermatapencarian di bidang perikanan maupun kelautan.

Kepala DKP Kabupaten Lingga, Abang Muzny melalui Kepala Bidang Pengelola Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Chandra Hadisastra, mengatakan, program ini nantinya akan disejalankan dengan program lanjutan Coral Reef Management dan Rehabilitation Program (Coremep) untuk yang ketiga kalinya.Program yang dianggarkan dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) senilai Rp3 miliar selama lima tahun dari 2013 sampai 2018 ini.

Dilanjutkannya, Adapun program ini rencanakan  dimulai bulan April 2015 mendatang, tujuh titik yang menjadi basis Coremep di Lingga tersebar di dua kecamatan. Yakni, Kecamatan  Lingga Utara dan Kecamatan Senayang. Untuk wilayah Lingga Utara, Desa Sekanah dan Limbung. Sedangkan di kecamatan Senayang, lokasi Cormep terbanyak yakni di wilayah Desa Batu Belubang, Benan, Pena’ah, Pulau Temiang dan Mamut.

Adapun kegiatan Coremepnya termasuk penguatan kelembagaan untuk Lembaga Pengelola Terumbu Karang (LPSTK) tingkat desa wilayah Cormep. Walau saja dalam tahap pengkajian, kegiatannya juga terdapat penguatan kelembagaan, pelatihan dan juga ada pelatihan selam. untuk itu DKP akan melakukan kerja sama dengan dinas terkait seperti Dinas Pariwisata.(Rie)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


two + = 7

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top