Tuesday , 25 September 2018
Kabar Ticker

Jelang Perhelatan STQ Kabupaten Lingga Bulan Maret, Pemkab Lingga Evaluasi STQ Tahun Sebelumnya

Rapat digelar Pemkab Lingga jelang MTQ Tingkat Kabupaten Lingga

KL – Hampir seluruh kecamatan se-Kabupaten Lingga melaksanakan Seleksi Tilawatil Quran (STQ), untuk mempersiapkan perhelatan tingkat Kabupaten Lingga Bulan Maret 2017 di halaman Kantor Bupati Lingga.

Mempersiapkan perhelatan STQ Ke-II Tingkat Kabupaten Lingga, Pemkab Lingga melalui Bagian Kesra Setda Lingga menggelar rapat dengan sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Kementrian Agama (Kemenag) Lingga, guna mempertegas persiapan STQ di ruang rapat Setda Lingga,

Zahid, mewaakili Kemenag Lingga menuturkan, beberapa teknis terkait pelaksanaan STQ Ke-VII kali, khusus di cabang lomba Musabaqah Makalah Ilmiah Qur’an (M2IQ), dia menyarankan untuk tahun ini peserta boleh menggunakan laptop.

“Pada M2IQ tahun sebelumnya, peserta masih menggunakan mesik ketik. Meskipun di tingkat provinsi dan nasional tidak mengikut sertakan cabang M2IQ, namun Kabupaten Lingga tetap melaksanakan untuk persiapan MTQ pada Tahun 2018 mendatang,” ungkapnya.

Dia juga meminta, khususnya pada arena STQ di siang hari agar terlihat ramai dan meriah perlu gebrakan. Memancing keramaian tersebut, dia mrngusulkan masing-masing UPTD disetiap kecamatan turut di libatkan.

“Biar terlihat ramai, kami mengusulkan agar Dinas Pendidikan melalui UPTD menghimbau kepada Kepala Sekolah untuk mengerahkan siswa – siswinya untuk diajak ke arena STQ. Iven ini jangan sampai sepi pengunjung dan jangan hanya peserta yang tampil saja, dan disaksikan oleh official masing – masing saja,” paparnya.

Bukan hanya itu, Zahid juga mengingatkan kepada masing–masing kecamatan untuk memperhatikan identitas peserta yang menjadi utusan kecamatan untuk berlaga di tingkat kabupaten.

“Jangan sampai mau tampil, nanti tiba – tiba gagal tampil. Karena mulai tahun 2016 kemarin, LPTQ Nasional sudah menggunakan aplikasi e-MTQ. Semua biodata peserta sudah terintegrasi dengan sistem kependudukan di Kemendagri. Jadi, mengenai usia peserta agar benar–benar dihitung dengan cermat,” sarannya.

Ditempat yang sama, Sekretaris Dinas Kebudayaan (Disbud) Kabupaten Lingga, Kamarul Zaman mengatakan, STQ tersebut juga dapat dijadikan sebagai momen istimewa untuk menjalin silaturahim bersama seluruh masyarakat Kabupaten Lingga.

“Kami di Kebudayaan juga akan menampilkan kesenian dengan tujuan untuk memadu rasa antara pemimpin dan rakyatnya. Semua itu akan terpadu dan menyatu dalam acara itu nantinya,” kata Kamarul Zaman.

Kabag Kesra Setda Lingga, Ahmad Syukri berharap kepada seluruh OPD yang sudah menerima Surat Keputusan (SK) dari Bupati Lingga untuk dapat melaksanakan tugas dengan sebaik – baiknya.

“Harapan kita, acara besar ini dapat kita tangani bersama-sama hingga berjalan lancar tanpa kendala. Kita semua berkeinganan bekerja baik hingga tercapai niat baik ini nantinya,” imbuhnya.

Seperti tahun – tahun sebelumnya, perhelatan STQ tersebut akan dimeriahkan dengan lomba pawai ta’ruf dari masing–masing kecamatan yang ada di Kabupaten Lingga.

“Jadi mulai pawai ta’ruf sampai dengan acara polok dapat ditangani dengan baik, yang kesemuanya kita persiapkan dari awal, supaya semua persiapan menghadapi STQ sudah di persiapkan,” pungkasnya. (mrs/Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


eight − = 0

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Scroll To Top

Switch to our mobile site