Friday , 7 May 2021
Kabar Ticker

Jelang Ramadhandan Haul Jama, Warga Kampung Merawang Bersihkan Pemakaman Bukit Keranji 

IMG-20180430-WA0009KL- Dalam rangka menyambut Bulan Suci Ramadhan 1439 H Masyarakat RT 02 Desa Merwang Kecamatan Lingga melakukan gotong royong rutin setiap tahun di pemakaman Bukit Keranji Dusun I Merawang,
Masyarakat membersihkan semua perkuburan di sekitar Bukit Keranji, yang di pimpin langsung oleh Umar Ketua RT 01 Merawang dengan membawa peralatan .ini tergabung masyarakat dari kalangan tua dan muda secara bersama-sama membersihkan pemakaman.
“Ini kegiatan rutin kami laksanakan bersama-sama menjelang Bulan Suci Ramadhan. Setelah itu baru kita melaksanakan haul jama’ di Surau Babul Ihsan Kampung Merawang,” ungkap Umar,
Dia mengaku, dengan dilaksanakan kegiatan tahunan seperti ini, makam keluarga, sanak famili dan leluhur terjaga dengan cara kebersamaan tanpa mebeda-bedakan siapa keluarganya.
“Semua kita bersihkan, di perkuburan walaupun itu keluarganya tidak ada lagi dan berada di luar Merawang, bahkan kita tidak tahu siapa keluarganya, tetap di bersihkan,” jelasnya.
Ceritanya, sebelumnya dia menjadi RT masyarakat membersihkan perkuburan pada Bulan Suci Ramadhan Masing-masing tapi sejak dia di percaya menjadi ketua RT dia mengajak masyarakat membuat kesepakatan membersihkan perkuburan bersama-sama setiap Bulan Sya’ban.
“Kalau sudah dibersihkan , bagi warga yang ingin berziarah ke pemakaman keluarga sudah nampak Rapi . Karena Masyarakat kita sering berziarah ke pemakaman keluarga mulai Bulan Sya’ban, Ramadhan hingga pada Bulan Sawal (lebaran),” imbuhnya.
Sementara Zulfahri yang ikut gotong royong menuturkan, gotong royong bersama merupakan rutin setiap tahun menjelang haul jama’ di buat di Desa Merawang, setelah itu baru di doakan secara massal di Surau Babul Ihsan Merwang.
“Disamping itu pula, gotong royong yang di buat mengingatkan kita juga akan kembali ke rahmatullah. Jadi setiap makhluk hidup tidak akan kekal hidup di dunia ini, dan akan melanjutkan perjalanan panjang menuju alam berikutnya,” pungkasnya. (mrs/Reď)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


seven − = 6

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top