Wednesday , 12 May 2021
Kabar Ticker

JOGED DANGKONG MERIAHKAN MALAM HUT KE-13 KAB. LINGGA

Untitled-1

KL- selain menampilkan bakat seni dari aksi pemuda-pemudi di Lingga, masyarakat Lingga juga merasa sangat terhibur dengan adanya penampilan dan tarian joged dangkong pada malam apresiasi dalam rangka memeriahkan HUT Kab. Lingga yang ke-13 ini. Berdasarkan pantauan media dilokasi, terlihat ribuan orang memadati lokasi acara tersebut untuk melihat tarian joged dangkong itu.

Arif (24) salah satu pemain musik dari salah satu sanggar seni yang ada di Dabo Singkep saat bertemu media di lokasi acara tersebut menuturkan seputar mengenai joged dangkong tersebut, “Joget dangkong dinamakan demikian berdasarkan bunyi dari alat musik joged tersebut (dang-dang kung dang-dang kung dang-dang kung). Alat musik yang digunekan adalah Biola, Gong, dan Gendang,” terangnya.

Dangkong dahulunye biase dilaksanekan pade upacara pernikahan dan pade hari raye besar. Pertunjukan ini lebih mengetengahkan unsur hiburannye, dan terlihat jelas pade nyanyian, musik dan juge tarian yang tidak memiliki tujuan khusus, oleh karene itu dangkong tidak memiliki aturan khusus dalam pelaksanaannye,” tambahnya lagi.

Tempat pertunjukan joget dangkong boleh sembarang tempat (bebas) waktunye tidak dibatasi, biasanya selama 1 malam boleh lebih. Penyajian Joged Dangkong tidaklah seperti penyajian seni yang sifatnye ritual atau upacara. Penyajiannye tidaklah dipersiapkan secare ketat atau menggunakan syarat-syarat khusus. Group joged dangkong tidak hanye terdiri dari pemain musik, tetapi juge kadang penari dan penyanyi. Para penari didandan dengan pakaian dan perhiasan yang mencolok sehingge mampu member daye tarik secara psikis”, tutupnya.

Pertunjukkan joged dangkong tersebut memang merupakan salah satu daya tarik bagi masyarakat untuk datang ke lokasi acara, selain sebagai salah satu bentuk interaksi sosial tarian itu juga memiliki arti yang lebih besar yaitu menghibur masyarakat Lingga pada umumnya. (IMM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


seven + = 9

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top