Friday , 15 December 2017
Kabar Ticker

Kado Terindah Dari Presiden RI Untuk Kabupaten Lingga Provinsi Kepri Sultan Mahmud Riayat Syah Dinobatkan Jadi Pahlawan Nasional

IMG-20171108-WA0002

KL – Setelah melalui proses yang cukup panjang, terhitung Tahun 2013 lalu waktu itu masa kepemimpinan Bupati Lingga H Daria dan Abu Hasyim sampai kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Lingga Muhammad Nizar, nama Sultan Mahmud Riayat Syah (SMRS) III dapat di hantarkan menjadi Pahlawan Nasional (Pahnas).
Meski jalan berliku-liku yang ditempuh oleh Pemkab Lingga melalui tim yang cukup solid dalam memperjuangkan nama besar sultan, akhirnya SMRS posif akan dinobatkan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) sebagai Pahlawan Nasional dalam waktu dekat.
Kabar baik Sultan Mahmud Riayat Syah disetujui sebagai Pahlawan Nasional juga dikuatkan dengan adanya konferensi pers yang dilakukan oleh Dewan Gelar bahwa tahun 2017 ini sebanyak tiga orang tokoh mendapat anugerah pahlawan nasional.
Ketiga tokoh itu ternama itu, Sultan Mahmud Riayat Syah dari Kabupaten Lingga, Kepri, Malahayati dari Nanggroe Aceh Darussalam dan Tuanku Abdul Majid dari Nusa Tenggara Barat. Ketiga nama besar ini akan di nobatkan sebagai Presiden RI dalam waktu dekat.
“Dari pemerintah daerah dan atas nama masyarakat, rasa syukur kami tak terhingga setelah proses dan liku-liku akhirnya kabar gembira itu datang pada HUT Kabupaten Lingga Ke 14. Ini kado istimewa yang isinya sangat luar biasa, apa lagi SMRS menjadi Pahlawan Nasional berasal dari kampung kita,” ungkap Wakil Bupati Lingga Muhammad Nizar,
Sedikit dia bercerita, pengajuan Sultan Mahmud Riayat Syah, sebagai Pahlawan Nasional ini cukup rumit, tidak semudah membalikkan telapak tangan. Hal ini di karenakan dokumennya tidak berada di satu tempat di Kabupaten Lingga atau di daerah lain di Kepri. Akan tetapi ada di luar negeri, membuat kerja tim harus ekstra.
“Sudah sepantasnya tim kami beri apresiasi kinerja yang selama ini telah bersusah payah mengumpulkan dokumen-dokumen hingga ke Negeri Belanda serta negara lainnya. Sekarang kita mendapatkan hasil yang sempurna,” jelasnya.
Untuk itu dia sangat berharap sekali pada masyarakat Kepulauan Riau khususnya Kabupaten Lingga agar dapat mengenal lebih dalam tentang Sultan Mahmud Riayat Syah, apa saja yang buatnya selama kepemimpinannya sebagai Sultan Lingga.
“Perlu kita ketahui lebih dalam lagi, bahwa Sultan Mahmud Riayat Syah merupakan pemimpin negeri yang tersohor di kala itu. Mudah-mudahan semua ini akan membuka tabir kemajuan Kabupaten Lingga Bunda Tanah Melayu,” pungkasnya. (mrs/Sam)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


9 − = two

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Scroll To Top

Switch to our mobile site