Tuesday , 11 May 2021
Kabar Ticker

Kelenteng Cetiya Dharma Ratna Gelar Lelang

Foto Peryaan Imlek di Singkep

Foto Peryaan Imlek di Singkep

Dabo, KL – Kemeriahan lelang yang setiap tahunnya dilaksanakan di Klenteng Cetiya Dharma Ratna, Dabo singkep, dalam perayaan imlek tahun ini tampak begitu semarak, Senin (3/2) malam.

Para tamu yang mengikuti leleng bukan hanya warga tionghoa yang menetap di dabo, namun banyak warga perantau Tionghoa asal Dabo serta tamu dari luar Kabupaten Lingga, yang ikut pada lelang perayaan imlek tahun 2014 ini.

Salah seorang pengurus klenteng Cetiya Dharma Ratna, Halim Untung menuturkan, acara lelang yang digelar pada tahun ini lebih meriah dari tahun lalu, lelang ini sendiri merupakan lelang amal, dimana hasil penjualan dari barang-barang yang dilelang ini semuanya akan disumbangkan ke vihara.

“Lelang ini digelar setelah empat hari perayaan imlek. Kalau di Penuba, Kecamatan Selayar. Lelang digelar sebelum perayaan imlek. Untuk barang-barang yang kita lelang semuanya terkait dengan keperluan sembahyang. Untuk barang yang bisa  dipajang, banyak juga yang menyerahkannya ke klenteng untuk dipajang,” ujar Halim disaat acara lelang berlangsung.

Lelang ini, telah berlangsung sejak tahun 1988. Dengan tujuan mencari dana, pada awalnya dana hasil lelang dipakai untuk biaya pembangunan kelenteng yang memakan waktu sembilan tahun.

“Dana dari hasil lelang Rp50 juta disumbangkan Yayasan Cetiya Dharma  Ratna untuk sekolah Tionghoa yang ada di Dabo. Lelang ini bukan pamer uang, tapi bagaimana mengetuk hati warga Tionghua untuk beramal dan Menyisihkan rezekinya untuk klenteng,” terang halim,

Warga tionghoa perantau yang datang dari berbagai daerah, seperti Surabaya, Jakarta, Singapura, Batam serta Tanjungpinang, pada hari raya imlek mereka pulang saat hari imlek dan mereka ikut dalam acara lelang ini.

“Terlihat hadir tokoh masyarakat Lingga di Batam pada lelang ini, seperti H Saptono Mustaqim dan adiknya Asmin Patros. serta sejumlah pengusaha sukses Lingga, seperti Exsan Fensury, Suryono (Pek Kuang), Joko, Santoni dan pengusaha yang ada di Lingga. Juga terlihat hadir mantan Ketua DPRD Tanjungpinang, Bobby Jayanto,” sebut Halim.

Dari pantauan dilapangan tak terlihat hadir para pejabat Pemkab Lingga. Dari unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) hadir Danlanal Dabo Singkep, Letkol Laut (P) Yulianus Poek. Selebihnya kepala FKPD diwakili stafnya. (Puspan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


− 2 = two

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top