Tuesday , 11 May 2021
Kabar Ticker

KSU Trans Lingga Jaya Mulai di Kukuhkan

 

KL –  Rapat anggota pendirian Koperasi (KSU) Serba Usaha Trans Lingga Jaya mengukuhkan kepengurusannya di ruang rapat penginapan Sunling dihadiri Asiten Administrasi Umum Abdul Rakhman, Staf Ahli Bidang Koperasi H Sa’at, Wakil Ketua I DPRD Lingga H Kamaruddin Ali, Dinas Perhubungan, Polsek, Organda, tokoh agama, tokoh masyarakat dan anggota koperasi.

Ketua KSU Trans Lingga Jaya Fahrudin menuturkan, terbentukanya KSU pada 6 Agustus 2016 lalu sudah membawa nilai ekonomis bagi anggota. Atas nama anggota koperasi mereka mengucapkan kahadiran pemerintah daerah, DPRD, OPD dan seluruh undang yang hadir atas rapat pengukuhan yang dibuat.

“Kemabali pada Undang-undang Nomor 25 Tahun 1992, koperasi berhakikat menguatkan ekonomi sebagai langkah usaha bersama dengan menggunakan asas kebersamaan. Atas asas kebersamaan itulah, pada 16 Agistis 1992 KSU ini di dirikan, yang bergerak di bidang tansportasi dan simpan pinjam, yang sekarang ini sudah memiliki legalitas,” ungkapnya, Selasa (14/3).

Dalam rapat dan pengukuhan ini, sambung Fahrudin, mereka akan mengesahkan anggaran dasar rumah tangga dan aturan koperasi serta transportasi. Dia berharap pemerintah menjadi mitra kerjasama dalam membutuhkan jasa transportasi.

“Perlu kami sampaikan pada pemerintah, supaya dapat juga bekerja sama dalam menertibkan kendaraan dinas yang sering  kali mangkal atau menjemput sanak daudara yang berada di pelabuhan Sei Tenam,” pintanya.

Perlu disampaikan, sekarang ini KSU sudah memiliki 50 anggota yang memiliki kendaraan, dan sekarang sudah terus berdatangan ingin bergabung dalam wadah ini. Tidak saja yang memiliki mobil tapi anggota simpan pinkam juga terus berdatangan untuk menjadi anggota koperasi.

“Kami harap pemda dapat memberi kami  kesempatan , untuk meningkatkan perekonomian masyarakat,” ujarnya.

Wakil Ketua I DPRD Lingga H Kamaruddin Ali dalam arahannya menyampaikan, mengesahkan anggaran dasar merupakan hal prinsif dan mendasar, selain sah secara Undang-undang juga harus sah secara anggaran dasar. DPRD sangat menyambut baik, bahkan dia selalu memberi motivasi pada ketua koperasi.

“Jujur saya katakan, ketika kepengusrusan, KSU ini sempat di persulitkan oleh pemerintah dan meminta stor uang Rp20 Juta terlebih dahulu. Langsung saya telfon saya katakan, kopersi adalah kebijakan pemerintah dan harus di beri prioritas dan tidak boleh di halangi atau menghambat. Saya sempat mengecam akan memanggil pihak terkait untuk hearing jika di persulitkan, alhamdulillah pada hari itu selesai,” paparnya.

Menurutnya, lahirnya koperasi akan menciptakan ekonomi masyarakat dan memberi pertumbuhan ekonomi baik secara lokal maupun nasional. Dia menghimbau jika terbentur masalah, dia minta pihak koperasi jangan segan-segan menyampaikan ke DPRD.

“Pemerintah harus memberi fasilitas agar koperasi terus berkembang, jadi tidak boleh di halangi lajunya kemajuan. Pemerintah harus memberi kesempatan dan kemudahan kalau tidak ekonomi akan fakum.

“DPRD akan memberi dukungan besar untuk perkembangan koperasi. Maslah kendaraan plat merah harus di tertibkan, apa lagi membawa keluarga, kita minta pada pemerintah harus ada batasannya,” pintanya lagi pada pemerintah.
Bupati Lingga dalam hal ini disampaikan Asisten Adminitrasi Umum Abdul Rakhman mengatakan, koperasi merupakan suku guru perekonomian, ini sudah di cetuskan oleh Wakil Presiden RI pertama Muhammad Hatta. Pemda sangat mengapresiasi berdirinya koperasi ini, karena sudah merupkan keinginan pemda dalam memjaukan ekonomi masyarakat.

“Dari kita dan untuk anggota, semangat kekeluargaan harus tertanam setiap ada persoalan harus di selesaikan secara kekeluargaan pula,” tuturnya.

Dia juga mengingatkan, setiap tahun koperasi harus melakukan rapat tahunan. Dan bupati sering menyebutkan jika ada investor masuk haruslah bermitra dengan BUMD atau dengan koperasi, di harapkan koperasi memiliki manajemen yang bagus, hingga investor tidak ragu dengan koperasi.

“Kita harap rapat anggota nantinya dapat di nikmati oleh masyarakat yang menggunakan jasanya. Mudah-mudahan membuahkan hasil seperti apa yang diharapkan,” tutupnya, dan sekaligus membuka rapat KSU Trans Lingga Jaya. (mrs/Sam)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


− one = 2

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top