Monday , 10 May 2021
Kabar Ticker

MASYARAKAT DESA BUKIT LANGKAP ANTUSIAS DALAM PROGRAM PERCETAKAN SAWAH

Slide1

KL- Program percetakan sawah yang dirilis oleh TNI AD disambut suka cita oleh masyarakat Desa Bukit Langkap hal ini dikarenakan program tersebut dipandang akan sangat membantu dalam hal perekonomian masyarakat disana.

Masyarakat desa Bukit Langkap, Kecamatan Lingga Timur mendukung penuh terhadap realisasi program pencetakan sawah yang akan digarap oleh TNI AD di desa tersebut. Adapun lahan yang akan digarap yaitu seluas 100 hektar. Namun mereka berharap hal tersebut bisa disejalankan dengan pengadaan pupuk subsidi oleh pemerintah yang saat ini menjadi  masalah atau kendala utama yang terjadi sebelumnya di Desa Sungai Besar, Kecamatan Lingga Utara.

Menurut keterangan Kades Bukit Langkap Sudarmin, adapun kendala atau masalah lain yang paling besar dalam program percetakan sawah ini yaitu mengenai masalah tingkat keasaman tanah, namun menurut keterangan Kades tersebut hal itu telah mendapatkan solusi yaitu rencana nya Dinas pertanian Kab. Lingga akan segera memberikan bantuan berupa obat-obatan untuk mengatasi problem tersebut, terangnya sewaktu dihubungi media kabar lingga melalui telpon seluler kemarin.

“Kami mendukung penuh program ini, dan juga sudah siap baik itu dari lahannya untuk digarap maupun SDM yang ada,” ungkap Kepala Desa Bukit Langkap, Sudarmin. Menurut dirinya, untuk masalah bersawah didesanya tidak asing lagi didengar, karna mayoritas penduduk semuanya kultur petani yang memang bertransmigran dari pulau Jawa. “Masalah sawah ini sudah tidak asing lagi, karna masyarakat kita basicnya dari petani semua,” ungkapnya.

Adapun dari kesiapan pengolahan lahan, sebenarnya Sudarmin mengungkapkan ada seluas 448 hektar lahan yang disediakan, cuma yang akan digarap 100 hektar saja. “Yang direncakan awal sebenarnya 350 hektar, cuma nanti yang digarap 100 hektar saja. Tapi sebenarnya kita sudah siapkan 448 hektar luas lahan untuk sawah,” tambahnya lagi. (imm)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


4 × six =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top