Friday , 7 May 2021
Kabar Ticker

Momen Hari Kemerdekaan RI, 21 Orang Napi Rutan Dabo Mendapat Remisi

Suasana di halaman Rutan Dabo Singkep

KL – Momen 17 Agustus, Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-71, sebanyak 21 orang narapidana (Napi) mendapat remisi. Remisi diberikan sebanyak 3 bulan, diantaranya ada 2 orang napi yang langsung bebas karena usai masa tahanannya.

Melalui Remisi dapat mendapat proses kembalinya Narapidana dalam kehidupan masyarakat dan proses percepatan tersebut akan memperbaiki kualitas hubungan narapidana dan keluarga.

Remisi juga dapat mendorong, narapidana untuk berperilaku baik selama menjalani pidana, karena remisi hanya diberikan pada narapidana yang berkelakuan baik. Jika melanggar peraturan tata tertib tidak akan mendapat remisi.

Remisi ini diberikan bertepatan dengan upacara HUT RI di Rutan Cabang Dabo dihadiri Wakil Bupati (Wabup) Lingga Muhammad Nizar bersama jajaran Pemkab Lingga dan Muspida, setelah meupacara kenaikan bendera 17 Agustus, dilapangan sepak bola Sultan Mahmud Riayatsyah, Daik Lingga,

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Lingga Muhammad Nizar, membacakan sambutan dari Kementrian Hukum dan HAM RI pada HUT Kemerdekaan RI Ke-71 Tahun 2016, terkait remisi yang diberikan pada narapidana di Rumah Tahanan Cabang Dabo Singkep.

Sementara itu, Kepala Rutan Cabang Dabo Singkep Sujatmiko, Amd IP S. IP,  jumlah keseluruhan warga binaan yang menerima Remisi umum satu, sebanyak  21 orang.

“Jumlah Remisi Satu sampai tiga bulan saja,  untuk Remisi umum ada dua orang bebas,” ungkap Sujatmiko dalam sambutannya pada upacara.

Kalau untuk jumlah warga binaan saat ini yang menempati rutan Dabo Singkep sebanyak 48 orang, diantaranya napi perempuan 2 orang. Untuk Kapasitas rutan Dabo sendiri hanya untuk 32 orang.

“Memang saat ini agak berdesak-desakan, namun alhamdulilah di sini situasinya kondusip. Tidak seperti Daerah-daerah lain yang sering ada Letupan-letupan. Kalau kita masih tenang saja,” terangnya.

Selain menggelar upacara HUT Kemerdekaan RI ke 71 dan pemberian Remisi kepada napi, Rutan Dabo juga menggelar berbagai lomba dan kegiatan dalam rangka memeriahkan hari kemerdekan RI Ke-71, dianataranya pertandingan olahraga dan juga lomba kebersihan. (mrs/Sam)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


− two = 7

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top