Wednesday , 27 October 2021
Kabar Ticker

Pawai Budaya Angkat Adat Istiadat dan Tradisi Budaya Melayu Lingga 

IMG-20171127-WA0011KL – Pawai Budaya Melayu di Kabupaten Lingga dalam rangka memeriahkan Tamadun Melayu Antarbangsa mendapat respon dari masayarakat. Beragam budaya di tampilkan membuat masyarakat sebagai penonton tumpah ruah di lapangan Kantor Bupati Lingga, Jumat (24/11), sore.
Pantauan dilapangan, sepuluh kecamatan se-Kabupaten Lingga, instansi pemerintah, desa dan organisasi yang ada di Lingga turut serta memeriahkan pawai dengan tema Budaya Melayu, secara tidak langsung adat istiadat Melayu terangkat.
Beragam adat istiadat Melayu di tampilkan, dengan cara membuat mnniatur-miniatur, sebagai lambang atau logo yang digunakan orang Melayu baik itu berkaitan dengan adat ataupun berkaitan dengan pekerjaan orang Melayu.
Wakil Bupati Lingga Muhammad Nizar mengatakan, melalui pawai budaya tersebut, akan terlihat adat istiadat Melayu di Bumi Bunda Tanah Melayu serta, cara tradisional kerja masyarakat Melayu Lingga yang berada di kepulauan.
“Melalui pawai budaya ini, dapat kita mengenalkan kembali pada anak-anak, sebagai generasi penerus dan penjaga budaya di masa yang akan datang,” ungkapnya.
Menurutnya, mungkin saat ini anak-anak tidak tahu tentang budaya yang dimiliki Lingga, seperti adat istiadat, tradisi dan segala macamnya, yang berkaitan dengan budaya Melayu yang harus dijaga dan diwarisi agar tidak termakan zaman.
“Saya berharap dengan terselenggaranya pawai ini, masyarakat bisa mengenal lebih jauh tentang tradisi dan sejumlah kebudayaan yang dimiliki Kabupaten Lingga sebagai Bunda Tanah Melayu,” terangnya.
Melalui cara seperti ini, sambung Nizar, masyakarat akan tahu tentang budaya yang ada di Lingga. Seperti di daerah Senayang yang tadi ditampilkan oleh pihak kecamatannya dalam pawai cukup lengkap, mulai dari kelong sampai tata cara mengolah bilis untuk di jemur.
“Kalau kita lihat, penampilan dari Kecamatan Senayang tadi, otomatis menjadi edukasi bagi masyarakat. Kemudian ada juga yang menjunjung gambar Pahlawan Nasional dalam acara pawai,” imbuhnya. (mrs).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


1 × seven =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top