Friday , 29 October 2021
Kabar Ticker

PBB Akan Coret 3 Nama Caleg Ganda

M Iqbal – detikNews

 

Jakarta – Partai Bulan Bintang (PBB) termasuk yang memiliki caleg ganda, yaitu nama sama muncul di dua Dapil berbeda. PBB berjanji akan memperbaiki 3 calegnya yang diketahui ganda tersebut.

“Itu cuma kesalahan teknis, kita pasti perbaiki. Dengan sendirinya pasti kita coret (salah satunya),” kata Sekjen PBB BM Wibowo kepada detikcom, Jumat (26/4/2013).

Menurutnya, kegandaan itu terjadi karena pada saat proses rekap daftar caleg, berlangsung secara manual sehingga tidak bisa diketahui ada calegnya yang ganda.

“Kesalahannya bisa di partai atau KPU, tapi prinsipnya pasti kita perbaiki di masa perbaikan,” ucapnya.

Namun, Wibowo menyatakan keberatan dengan ketentuan KPU dimana partai boleh mengganti nomor urut, dapil, menambah atau mengurangi caleg pada masa perbaikan itu.

 “KPU membuka peluang caleg untuk melobi lagi partai mengubah nomor urut. Ini merepotkan partai karena sama saja mulai dari awal lagi. Padahal kan sudah fiks daftarnya, tapi oleh KPU dibolehkan pergantian itu maka kita merasa keberatan,” ungkap Wibowo.

Sebagaimana diketahui, dari data yang dipublikasikan KPU, PBB diketahui memliki 3 orang caleg yang ganda. Kesemuanya berjenis kelamin perempuan, mereka dicalonkan dari PBB di dua dapil berbeda.

Pertama adalah Nur Yuniati yang dicalonkan dari Dapil Aceh I juga Jawa Barat II, kemudian Sri Sumiati di Dapil Jawa Tengah VIII dan Jawa Timur VII terakhir adalah Kasmawati Kasim dari Dapil Sulawesi Selatan I dan Dapil Sulawesi Tenggara.

Hingga saat ini total diketahui terdapat 15 caleg ganda dari 6.576 daftar caleg yang diserahkan partai politik ke KPU. PKB menjadi partai yang menyumbangkan caleg ganda terbanyak, yaitu 8 caleg perempuan.

sumber : detik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


+ 4 = seven

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top