Tuesday , 16 October 2018
Kabar Ticker

Pemkab Lingga Gelontorkan Anggaran 2 Milyard Untuk membangun Pariwisata Pulau Berhala

IMG-20180309-WA0008KL – Pemkab Lingga melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga menggelontorkan anggaran Dana sebesar Rp 2 Milyard untuk menunjukkan keseriusannya dalam mengembangkan Pariwisata Pulau Berhala Kecamatan Singkep Selatan.
Kepala Disparpora Kabupaten Lingga, Raja Fahrurrazi melalui Kepala Bidang (Kabid) Destinasi dan Jasa Pariwisata, Zalmidri mengatakan, penataan pariwisata Pulau Berhala tersebut merupakan prioritas pariwisata Lingga Tahun 2018 dengan menggelontorkan anggaran sebesar Rp2 Milyar.
“Tahun ini akan dilakukan penataan Pulau Berhala, sebagai mana yang òdi inginkan pak bupati dan telah menandatangani MoU dengan Bupati Tanjung Jabung Timur dalam membangun kawasan pariwisata Pulau Berhala,” ungkap Zalmidri, Kamis (8/3).
Katanya lagi, Pemkab Lingga akan membangun fasilitas pariwisata di pulau tersebut, kemudian Pemkab Tanjung Jabung Timur, Provinsi Jambi akan membuka akses transportasi, serta membangun pelabuhan di daerah mereka untuk menuju Pulau Berhala.
“Ada tiga yang akan mengembangkan di .Pulau Berhala, Pemkab Lingga, Tanjung Jabung Timur dan pihak swasta. Jadi kita sudah menganggarkan Rp2 Milyard sedangkan Tanjung Jabung Timur Rp 3 Milyad.kalau pihak swasta kita belum tahu berapa, karena kita akan mengikuti pertemuan lagi dengan mereka,” jelasnya.
Penataan pariwisata Pulau Berhala yang berbatasan langsung dengan Provinsi Jambi itu akan dilakukan pada triwulan kedua, komitmen antar dua kabupaten akan di mulai pada tahun 2018 ini.
“Sekarang perencanaan, menata gerbang masuk, gazebo, taman serta tempat pengambilan retribusi. Semua itu harus di rencanakan secara matang,” paparnya.
Lanjutnya, Pengunjung wisatawan ke Pulau Berhala cukup banyak. Padahal, pariwisata di Pulau itu masih belum tertata secara maksimal. Dengan begitu, dia yakin kunjungan wisatawan baik lokal maupun mancanegara akan meningkat apa bila pulau itu di tata dan dikembangkan
“Kedepan akan menambahkan PAD Kabupaten Lingga di sektor pariwisata, jika Pulau Berhala dapat di kelola antar Kabupaten khususnya Kabupaten Lingga secara maksimal,” Tuyupnya. (mrs/Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


4 × four =

Scroll To Top

Switch to our desktop site