Thursday , 18 October 2018
Kabar Ticker

Pertengahan 2018 Lingga Nikmati Palapa Ring 

KL – Pemasangan Fiber Optik (FO) atau disebut dengan Palapa Ring di Kabupaten Lingga, diperkirakan akan selesai dan di operasikan Tahun 2018.
Kepala Sub Bagian (Kasubag) Kominfo di Setda Lingga, Ady Setiawan mengatakan, saat ini untuk pembentangan kabel darat sudah selesai, tapi, untuk pembentangan kabel laut masih dalam proses pengerjaan oleh pihak pekerja.
“Dalam target kita, Palapa Ring akan beroperasi pada pertengahan Tahun 2018 ini. Sampai hari ini kami belum menerima laporan kendala dari pihak pekerja, dan kita harapkan berjalan sesuai rencana,
Selanjutnya ia mengatakan adapun manfaat bila jaringan FO itu sudah beroperasi, tentunya dapat meminimalisir kesenjangan teknologi informasi terutama untuk komunikasi data. Dia merasa yakin kesenjangan itu akan terasa jika sudah di aktifkan.
“Selama ini yang digunakan oleh operator telekomunikasi untuk menyalurkan bandwith ke Kabupaten Lingga, masih menggunakan teknologi radio dari tower ke tower secara estafet dengan kapasitas yang masih terbatas, jadi dengan adanya jaringan FO ini bandwith yang didistribusikan bisa sangat besar dan stabil,” terangnya.
Kehadiran program Kementerian Kominfo yang diperuntukkan di Kabupaten Lingga itu, diharapkan dapat berpengaruh pada kwalitas telekomunikasi dan data menjadi lebih baik.
“Palapa Ring ini merupakan program Kementerian Kominfo RI, dan alhamdulillah Kabupaten Lingga masuk dan sudah di kerjakan setahun yang lalu dan akan diselesaikan tahun ini,” imbuhnya.
Saat ini, Lingga masih menggunakan sistem radio, sehingga pengguna internet seeing sekali mengeluhkan jaringan internet, karena sering kali lelet membuat pengguna jaringan merasa gerah. Apa lagi musim hujan, jaringan kerap menjadi masalah di Kabupaten Lingga khusunya di pusat pemerintahan Kabupaten Lingga, yakni di Daik Lingga. (mrs/sam)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


8 − = six

Scroll To Top

Switch to our mobile site