Sunday , 28 November 2021
Kabar Ticker

PMD Kabupaten Linnga Adakan Kegiatan Bursa Inovasi Desa

KL – Bursa Inovasi Desa untuk Wilayah Cluster II, yang dilaksanakan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD), diikuti oleh Kecamatan Singkep, Singkep Selatan, Kecamatan Singkep Pesisir, Kecamatan Singkep Barat, Kecamatan Kepulauan Posek dan Kecamatan Selayar. Dengan mengketagorikan 3 Bursa Sumber Daya Manusia yang terbagi 32 dokumen pembelajaran inovasi, Bursa Bidang Infrastruktur yang terdiri dari 19 dokumen pembelajaran inovasi dan Bursa Bidang Kewirausahaan yang terdiri dari 55 dokumen pembelajaran inovasi,” ujar, Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Lingga Dody Suhendra.S.STP
Sebelumnya kegiatan ini telah laksanakan di 7 kecamatan, Kecamatan Lingga, Kecamatan Lingga Utara, Kecamatan Lingga Timur, Kecamatan Senayang, Kecamatan Katang Bidara, Kecamatan Bakung Serumpun dan Kecamatan Temiang Pesisir,” jelasnya..
Pada Cluster II yang kita laksanakan di SMK Neg I Dabo Singkep ini, diikuti 30 desa, dari 6 kecamatan.
Selanjutnya Kadis ini berharap, dengan terselenggaranya Bursa Inovasi Desa ini, agar bisa mendorong pihak desa dapat memiliki atensi yang lebih, untuk membangun Desanya.
Tentunya dalam konteks yang lebih berinovasi. Terutama peningkatan kualitas pemanfaatan dana desa dengan memberikan banyak referensi inovasi bagi pembangunan desa. Sehingga, ini akan dapat memacu kreatifitas desa dalam memfaatkan potensi oleh masing-masing desa,” kata Doddy.

Selain itu,Doddy juga menambahkan , Pihak panitia PMD , juga memberikan sentuhan inovasi di dalam bursa Cluster II, dibandingkan pada tahun sebelumnya. Pada Cluster II ini, kita memamerkan inovasi desa. sekaligus memfasilitasi produk-produk atau inovasi-inovasi kita yang sudah dilaksanakan oleh desa, kita pamerkan. Ini bertujuan untuk memotivasi desa, agar lebih giat dalam berinovasi serta mengoptimalkan dalam bentuk produk-produk dari masing-masing desa,” jelasnya
Dari sekian banyaknya kegiatan Bursa Inovasi Desa , yang masuk kedalam dokumen Pembelajaran Provinsi Kepri ada 4 Menu lokal yaitu, sabun olahan limbah sagu dari Desa Duara Kecamatan Lingga Utara (kewirausahaan), PSDM,masyarakat peduli sehat bersama Posbindu Desa Marok Kecil, Kecamatan Singkep Selatan. Infrastruktur penanganan pasca panen budidaya padi Desa Bukit Langkap, Kecamatan Lingga Timur dan pemanfaatan lahan tidur untuk percetakan sawah Desa Pangak Darat, Kecamatan Lingga.(Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


seven − 3 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top