Tuesday , 19 October 2021
Kabar Ticker

Sambungan Kabel Listrik Penyebab Terbakarnya Dek KMP Paray 

20180602_085430KL – Sore itu, Rabu (30/5), KMP Paray dinyatakan terbakar di Pelabuhan ASDP Jagoh, kabar ini sempat viral di media sosial dan menyebar luas ke warga, namun apa penyebabnya belum banyak yang mengetahui terbakarnya kapal idaman masyarakat tersebut.
Mengetahui secara mendalam permasalahan tersebut, Kasat Reskrim Polres Lingga AKP Suharnoko menuturkan kronologis kejadian yang sempat membuat warga dan ABK kapal kelabakan ketika api semakin membesar.
Cerita Kasat Reskrim, kejadian bermula, sekitar Pukul 15.30 WIB, KMP Paray bertolak dari Pelabuhan ASDP Penarik berlayar menuju Pelabuhan ASDP Jagoh, dengan membawa penumpang sekitar 50 orang, kendaraan roda empat dua unit dan kendaraan roda dua sebanyak 18 unit.
Selama perjalanan menuju tujuan tidak ada kendala sama sekali hingga sekitar Pukul 17.00 WIB KMP Paray tiba di Pelabuhan ASDP Jagoh dengan aman sampai dengan proses bongkar muat penumpang dan barang sampai selesai.
Setelah melakukan bongkar muat di Pelabuhan ASDP Jagoh. KMP Paray yang sudah banyak membantu warga dalam hal melayani penyeberangan antar dua puluh besar Lingga tersebut bergeser menuju Pelabuhan Ferry Jagoh yang tidak jauh dari ASDP.
Untuk sandar, pada posisi lambung kanan, maka dilakukan pekerjaan penurunan dinamo motor lampu yang mengalami kerusakan untuk dilakukan perbaikan, sedangkan posisi ABK berada di ruang geladak utama.
“Pukul 18.05 WIB, kejadian itu di ketahui oleh ABK bernama Dodi, dia melihat kobaran api di plafon ruang penumpang bagian atas. Melihat kejadian itu, ABK beraksi melakukan pemadamam di bagian atas kapal,” ungkap Suharnoko, Jumat (1/6).
Sekitar satu jam, Pukul 19.00 WIB, apipun berhasil di padamkan dengan bantuan satu unit pemadam kebakaran. Atas kejadian itu kapal mengalami kerusakan pada plafon ruang penumpang bagian atas, ruang mushola, tenda ruang penumpang bagian atas dan lemari life jacket.
“Untuk sementara, kerugian belum dapat ditaksir, dan tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu. Mengenai peralatan navigasi, dan mesin kapal tidak ada masalah, KMP Paray masih dapat di gunakan,” jelas Suharnoko.
Sementara pihak kepolisian menyimpulkan kejadian yang telah menyita perhatian khalayak ramai khususnya Masyarakat Lingga ,meski tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu.
“Untuk sementara hasil pemeriksaan, api bermula dari dek atas kantin KMP Paray, yang bersumber dari sambungan kabel Listrik kapal,” imbuhnya. (mrs/Sam)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


+ 3 = six

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top