Wednesday , 17 October 2018
Kabar Ticker

WAKIL BUPATI LINGGA BUKA SECARA RESMI.PELATIHAN YANG DIADAKAN OLEH BASARNAS PROVINSI.

IMG-20180811-WA0000KL- Wakil Bupati Lingga Muhammad Nizar membuka secara resmi pelatihan pertolongan di air bagi potensi SAR Tahun 2018 di Lapangan Sepak Bola Yusuf Kahar Kecamatan Senayang Lingga, Selasa (7/8).
Sebagai inspektur upacara, Muhammad Nizar menyampaikan,
musim Angin Selatan di Kabupaten Lingga gelombang laut semakin tinggi. Adanya pertolongan di air sangat bermanfaat bagi peserta atau potensi Search and Rescue (SAR) untuk mengguatkan peran masyarakat menghindari Kecelakaan laut, khusus di Kabupaten Lingga.
“Hadirnya SAR, paling tidak memberi gairah baru buat masyarakat Kabupaten Lingga jika terjadi kecelakaan laut. Sebagai pemerintah daerah dan mewakili Bupati Lingga mengucapkan terimakasih kepada
Badan SAR Nasional (Basarnas) Provinsi Kepulauan Riau yang telah menggadakan Pelatihan Bersama Masyarakat Kabupaten Lingga selama satu minggu kedepan,” ungkapnya.
Nizar berharap, 50 peserta pelatihan yang mengikuti kegiatan dapat ilmu dari instruktur yang melatih, serta dapat di terapkan di Kabupaten Lingga dalam membantu masyarakat.
Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BNPP) Kelas I A Tanjungpinang, Kepulauan Riau memberikan pembekalan ilmu pertolongan bencana di Lingga. BNPP mentransfer pengetahuan tersebut dari sudut pandang Basarnas.
Kepala BNPP Tanjungpinang, Budi Cahyadi mengatakan, dipilihnya Kecamatan Senayang sebagai lokasi pelatihan di Kabupaten Lingga, sesuai arahan Bupati Lingga dan seiring Senayang juga menjadi pusat aktivitas nelayan terbesar di Kabupaten Lingga kepulauan.
“Arahan Pak Bupati di Senayan, kami tetap sependapat artinya kami ingin menguatkan peran masyarakat dalam penanganan jika terjadi kecelakaan,” terangnya.
Pertimbangan lain dipilih Senayang sebagai lokasi pelatihan karena ada beberapa kejadian seperti kecelakaan pesawat polisi di perairan tersebut beberapa tahun lalu. Dia akan berdayakan masyarakat, kemudian ada Satpol PP, ada dari BPBD sebagai peserta pelatihan yang banyak 50 orang.
Dia berharap, pelatihan yang digelar tersebut dapat bermanfaat dan mampu diterapkan masyarakat nelayan serta aparat saat terjadi bencana atau kecelakaan di laut.
Saat acara, Wakil Bupati Lingga Muhammad Nizar selaku inspektur upacara, di hadiri Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Tanjungpinang, Ketua DPRD Lingga dan anggota, Kepala BPBD Lingga, Camat Senayang, Camat Selayar, Kapolsek Senayang, Danramil Senayang, Perwakilan Dandim, tokoh masyarakat Senayang serta 50 peserta ikut dalam pelatihan.(Mrs/Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


8 × four =

Scroll To Top

Switch to our mobile site