Wednesday , 12 May 2021
Kabar Ticker

Hari Jadi Kabupaten Lingga ke-15 Bupati Lingga Alias Wello Paparkan Pembangunan di Segala Bidang

KL- : Bupati Lingga H. Alias Wello paparkan kinerjanya masa kepemimpinan Tahun 2018, pada upacara Hari Jadi Kabupaten Lingga ke-15, di lapangan Sultan Mahmud Riayatsyah II Kelurahan Daik Kecamatan Lingga Kabupaten Lingga, Senin (20/11).
Dalam sambutannya H.Alias Wello mengatakan, dia bersama wakil bupati tetap berkomitmen memajukan Kabupaten Lingga menuju Lingga Terbilang 2020, sebagai mana menjadi visi misi mereka dalam menakhodai Lingga Bunda Tanah Melayu.
Dia memaparkan, mulai tahun 2017 s/d 2018 beberapa sektor sudah mulai tergarap sesuai dengan potensi yang ada terutama bidang pertanian, perikanan, pariwisata, kesehatan pendidikan serta beberapa sektor pembangunannya lainnya.
“Kita sudah menggarap 600 hektar lebih lahan untuk lahan perkebunan, dan insyaallah Tahun 2018 kembali di buka lahan perkebunan 2000 hektar, melalui Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN),” ucapnya.
Dikatakan, program yang dijalankan dalam rangka meningkatkan sektor pertanian nasional, dengan memanfaatkan lahan tidur yang ada di wilayah Kabupaten Lingga.
Kalau sektor perikanan dan pariwisata Kabupaten Lingga juga sudah MoU dengan Kabupaten Tanjung Jabung Timur Provinsi Jambi. Perikanan pengolahan ikan dan pariwisata membangun Pulau Berhala secara bersama-sama guna meningkatkan sumber pendapatan daerah nantinya.
“Sektor perikanan pengolahan hasil laut (ikan) serta mengelola bibit ikan yang di pusatkan di wilayah Dabo Singkep. Pulau Berhala akan di kelola menjadi objek wisata secara bersama-sama,” terangnya.
Kalau di bidang pendidikan dan kesehatan, pendidikan terhitung Tahun 2017 daerah sudah menggratiskan pendidikan di tingkat SD dan SMP yang di salurkan melalui Dinas Pendidikan Kabupaten Lingga, serta melakukan rehab beberapa sekolah.
Sektor kesehatan, pihaknya sudah menggratiskan pengobatan melalui Jaminan Kesehatan Lingga Terbilang (JKLT), serta membangun sarana-perasarana kesehatan yang ada di wilayah Kabupaten Lingga.
Sektor pembangunan jalan dan pelabuhan serta sarana olah raga terus juga di bangun seiring berjalannya waktu. Dan beberapa sektor lainnya tak luput di sampaikan orang nomor satu Kabupaten Lingga ini.
Dalam kesempatan itu pula, Bupati, Wakil Bupati dan Sekda Lingga di dampingi Kapolres Lingga serta kepala FKPD menyerahkan bagi peserta yang berprestasi pada ajang MTQ tingkat Provinsi Kepri, POPDA tingkat provinsi mendapat hadiah dari Pemkab Lingga pada Ulang Tahun Kabupaten Lingga ke-15. Acara dilanjutkan dengan beberapa rangkaian acara hari jadi, salah satunya ziarah ke pemakaman para Sultan Lingga di Daik Lingga. (mrs/Red).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


seven − 1 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top