Tuesday , 27 July 2021
Kabar Ticker

Masyarakat Lakukan Tradisi Sambut Ramadhan

 

Tradisi Ziarah Makam Sambut Ramadhan

Tradisi Ziarah Makam Sambut Ramadhan

Dabo KL- Datangnya Bulan Suci Ramadhan tentunya menjadi suatu yang dinantikan bagi umat Muslim, berbagai tradisi yang dilakukan dalam menyambut datangnya bulan Ramadhan, beberapa tradisi yang sering dilaksanakan masyarakat kabupaten Lingga yakni tradisi Kenduri Ruahan dan tradisi ziarah Makam.

Kenduri Haul atau kenduri ruahan atau yang lebih dikenal dengan sebutan kenduri arwah  pada bulan Sya’ban, telah menjadi tradisi yang dilukan secara turun temurun di masyarakat Kabupaten Lingga. Ruahan biasa dilakukan di tiap rumah penduduk maupun dilakukan di masjid atau Surau.

Asri ,salah seorang masyarakat yang melakukan tradisi Ruahan, mengatakan, Kenduri Ruahan bertujuan untuk mendoakan Arwah atau keluarga yang telah meninggal dunia, adapun dalam tradisi tersebut menyediakan makanan dengan mengundang kerabat maupun tetangga tidak lebih dari maksud untuk mempererat tali silaturahmi semata.

Sedangkan tradisi lainnya yang biasa dilakukan masyarakat yakni tradisi Ziarah Kubur, tradisi tersebut biasanya paling ramai dilakukan masyarakat saat sehari menjelang bulan Ramadhan, dimana tradisi tersebut masyarakat mendatangi atau melakukan ziarah ke Makan keluarga untuk melakukan do’a dan membersihkan makam.(Rie)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


eight − = 6

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top