Thursday , 20 January 2022
Kabar Ticker

Alokasikan Dana APBD Prov Kepri Tahun 2020 , Harapan LAM Kabupaten Lingga

KL- Lembaga Adat Melayu ( LAM) Kabupaten Lingga sangat berharap mengalokasikan dalam rencana APBD Provinsi Kepulauan Riau ( KEPRI) Tahun 2020 untuk pengembangan bidang Kebudayaan agar dapat ditingkatkan lagi, sehingga Dinas kebudayaan Provinsi Kepri dapat lebih dapat mengakomodir berbagai usulan yang diusulkan kabupaten/ kota se provinsi Kepri agar dalam upaya memenuhi target rencana kerja th 2020 dan termasuk untuk mempercepat terwujudnya kepri sebagai Bunda Tanah Melayu. Demikian ungkap Datuk Jumadi, salah satu pengurus LAM Kabupaten lingga yangg diutus untuk menghadiri sidang kelompok Bidang Pembangunan Manusia dan Budaya pada Musrenbang Provinsi Kepri di hotel CK (kamis 28/03/2019 )
Pada sidang kelompok tersebut pengurus LAM.Kabupaten Lingga mengusulkan agar Kegiatan – kegiatan event Seni Budaya yang dilakukan masing masing Kabupaten/Kota perlu ada disuffort APBD Provinsi Kepri , bisa melalui sharing anggaran atau dapat juga melalui sharing kegiatan sehingga kegiatan event tersebut lebih semarak dan besar.
Khusus Untuk Kabupaten lingga, APBD provinsi kepri juga harus menyentuh Upaya – upaya pelestarian Situs dan cagar Budaya.
Kalau tak salah selama ini baru satu kali yang dilakukan melalui APBD Provinsi . Padahal di Kabupaten Lingga ada 106 situs cagar Budaya yang perlu mendapat perhatian . Dan Pemkab lingga telah menyiapkan beberapa perencanaan dan studi Tehnis yg bekerjasama dengan BPCB Batu Sangkar, sehingga sebagian pekerjaan revitalisasi atau pemugaranya bisa dilakukan melalui sharing dengan Prov Kepri.
Lebih lanjut LAM Kabupaten lingga juga berharap, kegiatan penulisan dan kajian tentang Sejarah dan Budaya Melayu harus diadakan setiap tahun Mengunakan APBD Prov. Kepri.. ” Kami saja di LAM dengan dana hibah yg tak seberapa dapat menulis buku setiap tahunya, Ini pnting selain untuk referensi dapat juga menjadi bahan muatan lokal untuk Sekolah – sekolah. Apalagi Kabupaten Lingga itu adalah pusatnya Bunda Tanah Melayu.
Nanti akan saya serahkan contoh buku buku yg diproduksi lam kab lingga kpd disbud dan dns perpustakaan arsif prop kepri.(Rad)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


7 − five =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top