Bapenda Kabupaten Lingga Gandeng BPKP Kepri Tingkatkan Optimalisasi Pendapatan Asli Daerah

KL- Kepala Badan Pendapatan Daerah (BAPENDA) Kabupaten Lingga bersama dengan Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Lingga serta Bagian Hukum Setda Kabupaten Lingga bertandang ke Kantor Perwakilan BPKP Provinsi Kepulauan Riau dalam rangka kegiatan upscaling potensi PAD melalui optimalisasi Pajak Daerah dan Retribusi Daerah dari Pemanfaatan Aset Daerah berupa Videotron milik Pemerintah Daerah. Kunjungan dilaksanakan pada hari Rabu, 18 Januari 2023 diterima oleh Korwas APD Priyanta Eka Nugraha dan tim.

Dalam kesempatan tersebut, Pemerintah Kabupaten Linnga mengharapkan adanya penataan pajak daerah dari usaha penangkaran burung walet yang semakin berkembang dan juga manajemen risiko penagihan pajak daerah terutang berdasarkan izin usaha yang diterbitkan oleh DPMPTSP Kab. Lingga

Menanggapi hal tersebut, Korwas APD menyampaikan bahwa optimalisasi pendapatan daerah merupakan agenda prioritas pengawasan tahun 2023 yang antara lain mendorong intensifikasi dan ekstensifikasi pajak daerah. Berkenaan dengan upaya Pemerintah Kabupaten Lingga tersebut, BPKP Kepri mendukung upaya tersebut melalui pengawasan kolaborasi dengan pemangku kepentingan di Pemkab Lingga seperti Bapenda, DPMTSP dan Dinas teknis terkait.

Sebagai langkah awal, pelaksanaan diskusi pemungutan pajak daerah yang berkaitan dengan legalitas, pengurusan dan pemungutan pajak reklame dan retribusi daerah, serta validasi data Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan di wilayah Kabupaten Lingga(***)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


× tujuh = 49

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.