Bersumber Dana DBHPRD Tahun Anggaran 2022, Pemerintahan Desa Kote Gelar Pelatihan Kelompok Nelayan.

KL – Dalam rangka meningkatkan pertumbuhan perekonomian masyarakat, pemerintahan Desa Kote, Kecamatan Singkep Pesisir mengadakan kegiatan pelatihan kepada kelompok nelayan. Pelaksanaan kegiatan berlangsung pada Rabu 28 Desember 2022 bertempat Balai Desa Jenang Amanah Desa Kote.

Pelaksanaan kegiatan menyaksikan langsung Kepala Desa Kote dan Perangkat Desa, Ketua BPD, serta Pendamping Lokal Desa dengan menghadirkan narasumber Bapak Ramlan dan Bapak Basarudin dari Dinas Perikanan Kabupaten Lingga Bapak.

Pelatihan Kelompok Nelayan ini merupakan kegiatan APBDes Tahun Anggaran 2022 yang bersumber dari Dana DBHPRD Kabupaten Lingga. Kegiatan ini juga berkesinambungan dengan kegiatan ketahanan pangan dari Dana Desa sebelumnya, karena pada beberapa bulan yang lalu Kelompok Nelayan ini juga mendapat bantuan alat tangkap, dan perlengkapan lainnya dari Dana Desa.

Kepala Desa Kote, M. Rifani mengatakan kegiatan ini baru bisa kita laksanakan di akhir tahun, karena memang Anggaran ini baru disalurkan ke Desa di akhir tahun, jadi harap dimaklumi. M.Rifani berharap juga Kelompok Nelayan ini betul-betul bisa mengikuti kegiatan ini sampai selesai, agar apa yang disampaikan Narasumber bisa menambah wawasan Kelompok,” Jelasnya.

“Semoga dengan dilaksanakannya kegiatan pelatihan ini, Kelompok Nelayan dapat meningkatkan kapasitas serta dapat menjadi Kelompok yang mandiri nantinya”, pungkas Kades M. Rifani.

Pada kegiatan ini Nara sumber dari Dinas pelayanan menyampaikan materi terkait peraturan perundang-undangan mengenai kelautan dan teknis budidaya, hal ini diikuti dengan serius oleh kelompok Nelayan.

Pada kesempatan yang sama, Indra Wijaya selaku pendamping Desa, mengatakan, “bahwa ini merupakan kegiatan pemberdayaan masyarakat yang sangat baik, karna langsung memberikan dampak positif bagi masyarakat khususnya Kelompok Nelayan.

“Indra Wijaya mengatakan lagi, pada Tahun ini sebesar 20% dari pagu Dana Desa, digunakan untuk kegiatan ketahanan pangan, ditambah lagi kegiatan ketahanan pangan dari sumber Dana lain, seperti DBHPRD ini dapat mendukung tingkatnya kebijakan SDGs Desa,” jelasnya. (Merah)

Sumber : Kasmiran

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


tujuh − = 6

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.