Saturday , 4 December 2021
Kabar Ticker

Masyarakat Gelar Sholat Istisqa’ Dihalaman Misjid Azulfa

ISTISQA

KL – Beberapa bulan tak turun hujan, ratusan masyarakat Dabo Singkep menggelar Sholat Istisqa’ berjamaah di lapangan Masjid Azulfa, Minggu (25/10) sekitar pukul 6.15 WIB. Sholat yang dilaksanakan untuk meminta hujan  an dipimpin  Umarani selaku Iman berlangsung khusuk

Setelah selesai sholat, seluruh jamaah mendengarkan khutbah yang disampaikan oleh Khatib Muhammad Nizar yang juga pimpinan pondok pesantren hifzul Quran. Dalam ceramahnya, Nizar mengajak seluruh jamaah yang mengikuti sholat istisqa’ itu untuk lebih merenungi kesalahan yang telah kita lakukan selama ini.

“Sebelum meminta kepada ALLAH, sebagai ummat yang baik terlebih dahulu renungi kesalahan Apa  yang telah kita  dilakukan dan bertobat. Sehingga ALLAH memberikan apa yang diminta,” ujar Nizar dalam khutbahnya.

Selain itu, Nizar juga menjelaskan segala musibah yang datang seperti kemarau saat ini, sebagai ujian bagi umat  yang taat agar tidak melakukan kerusakan lingkungan  di muka bumi ini , Sebab banyak musibah yang datang akibat ulah tangan manusia itu sendiri.

Di akhir ceramah, Nizar memimpin doa dari atas podium kepada seluruh jamaah yang hadir. Dalam doa tersebut, Nizar memanjatkan permohonan kepada Tuhan agar menurunkan rahmat Nya berupa hujan yang telah lama tidak membasahi bumi Tanah Bunda Melayu ini.

Di tempat yang sama Roni, salah seorang warga yang mengikuti sholat Istisqa’ tersebut mengatakan, semoga dengan keimanan dan doa yang tulus, Tuhan memberikan rahmat Nya dengan menurunkan hujan.

Kabupaten Lingga mengalami kemarau sejak lima bulan terakhir. Hampir diseluruh daerah di Tanah Bunda Melayu ini mengalami kekeringan, seperi di lokasi sumber air pegunungan, Air Gemuruh, juga mengalami penyusutan air bersih yang sangat drastis.

Jika tidak musim kemarau, sumber air bersih di Air Gemuruh dapat memenuhi seluruh pelanggan PDAM Dabo Singkep tanpa ada kekurangan pasokan air. Saat ini, sejumlah pelanggan PDAM sering mengalami kekosongan air bersih di rumah mereka.

Selain pelanggan PDAM, sejumlah warga yang masih menggunakan sumur juga kesulitan mendaatkan air bersih karena sumur yang mereka gunakan untuk pemenuhan kebutuhan air bersih tersebut juga mengalami kekeringan. (Rio/Sam)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


− four = 4

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top