PDAM Tirta Lingga Terapkan WebGIS

KL – Untuk Monitoring Tekanan, Laju Air dan Sistem Pemetaan Jaringan Perumda Air Minum Tirta Lingga Terapkan WebGIS Hal ini disampaikan Direktur PDAM Tirta Lingga, Irfan Andria Dalam rangka memperingati HUT Perumda Air Minum Tirta Lingga yang ke 13 dengan mengangkat Tema Kolaborasi Bersama Wujudkan Pelayanan Maksimal
, Perumdam Tirta Lingga melakukan silahturahmi bersama insan Pers bertempat dikantor Perumda Air Minum Tirta Lingga,sabtu (7/10/2023).
Dalam Sambutanya Direktur PDAM Tirta Lingga mengatakan ” kami akan berusaha lagi lebih maksimal pelayanan yang lebih baik terhadap pelanggannya Perumdam Tirta Lingga, ini kami akan terus melakukan upaya peningkatan pelayanan, saat ini Perumda Tirta Air Minum Lingga telah memiliki sensor tekanan dan lajur air dalam pipa yang dapat dimonitor secara realtime.

Gunanya Sensor tersebut untuk memonitor tekanan dan laju udara dalam pipa dengan data yang dihasilkan secara real time itu,” kata, Direktur Perumda Air Minum Tirta Lingga, Irfan Andaria. Ini untuk mendeteksi berbagai potensi seperti tekanan dan laju udara yang dialirkan ke pelanggan, dengan demikian Penyedia dapat langsung memberikan kebijakan secara akurat.

“Dengan adanya sistem GIS ini dapat mendeteksi potensi pelanggan yang perlu kita manfaatkan, kini dengan sistem GIS jelas terlihat secara real time mana wilayah pelanggan yang belum terlayani air bersih,” ungkap Irfan Andaria.

Lebih Lanjut,Irfan menjelaskan adapun monitor tekanan dan laju udara itu WebGIS yaitu Sistem Informasi Geografis dalam bentuk web untuk shifting GIS lokal dan serta terintergrasi dengan perangkat modul IoT (Internet of Things) yang terdiri dari berbagai macam sensor yang dipasang di beberapa titik wilayah mencakup pelanggan Perumda Air Minum Tirta Lingga.

“Dengan adanya sistem GIS dan sistem IOT ini berfungsi untuk memberikan kebijakan secara akurat, terarah dan terukur. Jadi dengan sistem GIS ini dapat mencakup peta jaringan, sehingga kita dapat melihat kekuatan dan kelemahan kita dengan sistem ini,” kata Irfan Andaria.
Selain itu beber Irfan, beberapa waktu lalu meluangkan waktu bersama Bupati Lingga dan Kepala Balai Wilayah Sungai Sumatera IV meninjau kelokasi Waduk Air Gemuruh, dari peninjauan itu berbuah hasil akan dilakukan pergantian pipa transmisi, yang mana pipa transmisi tersebut memang telah menjadi usulan prioritas Perumda Air Minum Tirta Lingga untuk dilakukan pergantian.

Jadi kemarin ada kunjungan lapangan dari Kepala Balai Wilayah Sungai Sumatera IV bersama bapak Bupati Lingga berbuah hasil, Insya Allah tahun 2024 pergantian pipa transmisi, karena pipa yang kita gunakan saat ini telah berusia 30 tahun lebih. Kami mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada Pak Bupati Lingga, Kementerian PUTR, Balai Wilayah Sungai Sunatera IV, Balai Prasarana Permukiman Wilayah Kepri, Dinas PUTR Lingga dan OPD teknis yang mendukung kemajuannya PDAM lebih baik,” ungkapn Irfan.

Silahturahmi Insan pers ini hadir dari AJOI kabupaten Lingga PWI.IWO dan RJTI Kabupaten Lingga (***)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


5 + dua =

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.