Saturday , 29 February 2020
Kabar Ticker

Pembahasan Ranperda DPRD Lingga Dengan Wabup Lingga .

KL- Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Lingga dengan agenda Penyampaian/Penjelasan Tentang Tiga (3) Ranperda oleh Bupati Lingga diruang rapat DPRD, Selasa (11/2).
Adapun 3 ( tiga) Ranperda tersebut
-Ranperda tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji,
– Ranperda tentang pembentukan Kecamatan Sekanah
– Ranperda tentang Pembentukan Kecamatan Lingga Pesisir.

Penyampaian Ranperda , oleh Wakil Bupati ,Lingga Muhammad Nizar, dipimpin Ketua DPRD Lingga Ahamd Nasiruddin, hadir Wakil Ketua dan Anggota, dihadiri Asisten, Kepala OPD, KPPAD, BPS, Bank Riau Kepri, Uspika Lingga, Camat, Kades, BPD serta tokoh adat dan agama Kabupaten Lingga.
Salam.sambutanya, Wabup.M. Nizar mengatakan, “Tanggung jawab tidak berada di pemerintah pusat saja,namun juga menjadi tanggung jawab pemerintah daerah dengan tujuan untuk meningkatkan pelayanan bagi jemaah haji khususnya Kabupaten Lingga.”
Ranperda pembentukan kecamatan baru. Hal ini terkait dengan rentang kendali atau akses ke ibukota kecamatan yang jauh sehingga mengeluarkan dana yang tinggi, sehingga pelayanan masyarakat terhambat.
“Berdasarkan keinginan masyarakat yang berkembang di 2 ( dua) kecamatan yakni Kecamatan Lingga Utara terdiri 3(tiga) Desa dan Kecamatan Lingga Timur 4 (empat) Desa .
Untuk Ranperda pembentukan Kecamatan Sekanah, juga karena jarak rentang kendali akses ibukota kecamatan yang jauh sehingga menggunakan biaya yang tinggi, serta pelayanan masyarakat jadi terhambat dan berdasarkan keinginan masyarakat yang berkembang.
Menurut Nizar, pembentukan suatu kecamatan bukan hal yang gampang, tapi membutuhkan kerja sama antara legislatif dengan pemerintah daerah. Karena keinginan masyarakat begitu besar, jadi peran legeslatif dan eksekutif harus lebih erat lagi.
“Barangkali kita tidak menuggu lama, kami berharap setelah disampaikan berkaitan dengan rancangan peraturan daerah dari eksekutif kepada legeslatif dapat dikerjakan dengan bekerja sama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Lingga,” tuturnya.
DPRD Lingga memiliki Fraksi dengan pandangan umumnya intinya menyetujui 3 Ranperda tersebut untuk dibahas menjadi Perda. Juru Fraksi Partai Nasdem oleh Said Parman, Fraksi Partai Golkar Seniy, Fraksi Partai Demokrat Sui hok dan Pandangan Umum Fraksi Partai Keadilan Pembangunan oleh Anwar.
Meski empat Fraksi DPRD Lingga menyetujui, ada catatan penting yang disampaikan Fraksi Partai persatuan Pembangunan pada eksekutif. Pemerintah harus lebih teliti dan berhati-hati pada poin Ranperda ibadah haji, sebab akan berdampak pada tingkat kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah daerah setiap tahunnya.
Tentang pemekaran kecamatan, pembentukan kecamatan harus memenuhi persyaratan dasar hal itu tentu saja bertujuan untuk kesejahteraan rakyat. Tapi perlu kajian yang mendalam pada seluruh aspek termasuk penetapan lokasi ibukota kecamatan, hal ini penting agar tidak pro kontra.
“Besar harapan kami agar penyelenggaraan pemerintah di Kabupaten Lingga benar-benar terwujud konsitensinya atas perundang-undangan,” kata Anuar sebagai juru bicara Fraksi Partai Keadilan sejatera
Setelah mendapat persetujuan Fraksi DPRD melalui pandangan umum, Wakil Bupati Lingga Muhammad Nizar, menyampaikan tanggapannya atas segala saran dan kritik disampaikan.

“Kami mengharapkan, setelah melaui proses bersama dengan eksekutif dan legislatif melaui pansus dapat disegerakan mungkin untuk dapat dijadikan peraturan daerah yang lebih lanjut yang tentunya mengharapkan pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat yang lebih baik,” kata Nizar.
Titik tekan salah satu yang mungkin harus dicermati pada persoalan pemekaran kecamatan.
Untuk itu dia berpesan kepada Bagian Hukum Pemkab Lingga beserta OPD Teknis dan beserta teman-teman DPRD Lingga melaui pansus untuk lebih hati-hati dan teliti, sebab dia tidak ingin ketika penempatan ibukota kecamatan dengan wilayah yang kecil kemudian makin lama makin berkembang sehingga menimbul masalah yang baru di wilayah kecamatan yang dimekarkan.
“Saya yakin dan percaya kegiatan paripurna yang sudah kita lalui, bagian dari pada penutup untuk menyampaikan tanggapan dari Bupati Lingga, saya mewakili mudah-mudahan ini dapat berjalan sesuai harapan kita semuanya,” ujarnya.(Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


9 × = sixty three

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top