Wednesday , 1 December 2021
Kabar Ticker

Puting Beliung Hantam Tiga Rumah Warga Buyu Desa Rejai Kecamatan Bakung Serumpun

KL – Tiga rumah Dusun 4 Buyu Desa Rejai Kecamatan Bakung Serumpun di hantam angin puting beliung, dua rumah rusak serius satu rumah mengalami rusak ringan.
Kejadian pada Minggu (28/1) Pukul 03.00 WIB membuat pemilik rumah leluar takut tertimpa, dan mengungsi membawa sanak keluarga agar selamat dari amukan angin.
H.Muhammad Nur (70) warga Dusun Buyu Kecil menuturkan, kejadian yang disertai hujan tersebut datang secara tiba-tiba di kala warga setempat masih terlelap tidur, yang terdengar hanya deru angin berhembus menerpa pohon dan rumah warga sekitar.
“Kejadian itu tidak berlangsung lama, tapi tiga rumah milik warga di hantam angin,yang awalnya hanya hujan deras saja, tanpa di sadari angin ikut menerpa,” ungkap Muhammad Nur menceritakan kejadian subuh itu, Selasa (29/1).
Tiga rumah milik warga yang terkena angin itu, Dupa, Umar dan Asal, masing rumah mengalami rusak yang berbeda, hingga dia sendiri tidak dapat menafsirkan berapa kerugian yang di alami korban.
“Kalau rumah Asal, kerusakannya pada dapur,sementara rumah Umar di tingkat atas atap rumahnya berterbangan” terangnya pria yang kesehariannya bekerja sebagai nelayan ini.
Yang paling parah itu rumah Dupa, yang di tinggali oleh iparnya, atap rumah dari asbes pecah dan terbongkar sehingga ambruk, sedangkan dinding rumahnya yang terbuat dari beton tidak mengalami kerusakan.
“Atap rumah milik Dupa yang mengalami rusak serius, hingga iparnya malam itu juga harus mengungsi. Pemilik rumah (Dupa) memang tidak ada waktu kejadian, dia bekerja memukat ikan,” terangnya, sambil mengabarkan kalau kejadian tersebut baru pertama kali terjadi di tempatnya.
Atas kejadian itu, Umar dan Asal masih dapat menepati rumahnya, karena rumahnya tidak separah milik Dupa. Sedang ipar Dupa sementara mengungsi ke Posyandu Dusun Buyu Desa Rejai.
Musibah Angin Puting Beliung yang menimpa warga Buyu ini telah ditinjau oleh Sekcam Bakung Serumpun , Polsek dan AL . Kalau kepala desa belum ada nampaknya,” imbuh Muhammad Nur.
Camat Bakung Serumpun Andi Azis membenarkan adanya tiga rumah terkena angin puting beliung, satu rumah berada di Kalan dan dua rumah di Buyu, yang ketiganya rusaknya tidak begitu parah
“Kemaren saya di Daik, tapi pak sekcam, kasie sosial dan kepala desa sudah saya minta turun kelokasi dan mendata kerusakan yang di alami masyarakat Dusun Buyu Desa Rejai,” terang Andi Azis, Selasa (29/1).
Lanjut Azis, kejadian sekitar Pukul 03.00 WIB tersebut telah merusak beberapa rumah warga Buyu tersebut, pihaknya melalui sekcam sudah memberi bantuan. Adanya kejadian itu, Andi Azis juga sudah melapor ke Wakil Bupati Lingga dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lingga.
“Wakil bupati meminta langsung ke BPBD, sedangkan BPBD meminta memasukkan proposal atas kerugian yang di alami masyarakat Buyu. Kalau masalah kerugian belum dapat ditafsir. Pada hari ini masyarakat Buyu gotong royong memperbaiki kerusakan yang di alami tiga warga,” pungkasnya. (Mrs / Sam)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


six × = 30

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top