Tuesday , 26 October 2021
Kabar Ticker

STQ Tingkat Kelurahan Daik di Buka Secara Resmi Oleh Camat Lingga

Pemukulan beduk oleh camat, pertanda dibukakannya STQ tingkat Kelurahan Daik

Kl –  Meski hujan rintik-rintik mengguyur Daik, namun STQ tingkat Kelurahan Daik Kecamatan Lingga dibuka secara resmi oleh Camat Lingga. Semulanya acara dimulai pada Pukul 20.30 WIB sempat molor satu jam, akhirnya dalam keadaan gerimis, STQ tetap saja di buka

Ketua RW 05, sekaligus ketua pelaksana STQ Kelurahan Daik, Susanto menyampaikan, acara di halaman Mesjid
Darul Hikmah ini merupakan ajang mencari tilawah mewakili Kelurahan Daik  pada ajang STQ ting Kecamatan Lingga yang tidak lama lagi di adakan.

“Kegiatan ini untuk menumbuh kembangkan minat anak-anak dalam mempelajari isi kitab dan kandungan Al Quran juga dapat di jalankan dalam kehidupan sehari-hari serta mempererat tali silaturahmi di Kelurahan Daik,” kata Susanto.

Adapun bidang yang di lombakan, cabang tertil putra/putri, tilawah anak-anak putra/putri, tilawah dewasa putra/putri, fahmi dan sarhil, yang di ikuti peserta dari seluruh RW di Kelurahan Daik.

“Tilawah 46 peserta, fahmil 10 regu, sarhil 7 regu. Waktu pelaksanaan kita di mulai pada 25 Januari sampai 28 Januari 2017. Kita sangat berharap, melalui acara ini, persaudaraan kita tetap terjaga,” harapnya.

Camat Lingga Yulius mengatakan, acara ini murni tumbuh dari masyarakat Kelurahan Daik, semua tumbuh dari masyarakat dengan cara gotong royong bersama. Buktinya bisa terlaksana malam ini. Meski hujan, dia beranggapan itu adalah rahmat.

“Ada beberapa poin penting kita harapkan pada kegiatan ini, nilai dari syiar islam terus berjalan dan bergema di tengah-tengah masyarakat. Dengan pembacaan ayat-ayat suci Al Quran ini nantinya akan menjadi membudaya di bumi Bunda Tanah Melayu,” ungkapnya.

Melalui pembacaan ayat suci, akan tertanam nilai nurani pada jiwa anak hingga menjadi tuntunan di masyarakat.
Dia juga berharap, melalui lantunan-lantunan Al Quran akan bersemayam dalam hati, dan menjadikan Al Quran sebagai pedoman semoga kita menjadi barokah.

“Jadikanlah Al Quran sebagai pedoman dan pegangan hidup kita di dunia. Kita akan selamat bila kandungan Quran bisa kita pahami dan kita jalani dalam kehiduapan, insyallah kita bisa di tuntun selamat di dunia dan akhirat,” imbuhnya sambil membuka STQ tingkat Kelurahan Daik secara resmi.

Sekapur sirih dari Bupati Lingga dalam hal ini disampaikan Asisten Administrasi Umum Sekretariat Bupati Lingga Abdul Rahman, atas nama pemerintah daerah, malam itu dia merasa bangga dengan dilaksanakannya STQ tingkat kelurahan ini. Dia merasa yakin dan percaya terselenggaranya kegiatan ini, sudah barang tentu adanya kekompakan dan kebersmaan pemerintah, alim ulama serta masyarakat di wilayah Kelurahan Daik.

Menurut pandangannya, setiap tahun ada peningkatan dalam kegiatan STQ di kelurahan. Dia sangat berharap, kegiatan seperti ini akan lebih baik lagi dari sekarang ini.

“Adanya penyelenggaraan ini, jangan hanya sekadar membaca lagi dan hukum tajwid semata, yang tak kalah pentingnya, pengalamalan isi kandungan Al Quran, dan di jadikan pedoman dalam kehidupan sehari-hari, terutama pada generasi muda dalam membentengi zaman globalisasi. Baik dari pengaruh luar maupun dari dalam,” pungkasnya. (mrs/Sam)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


six − 3 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top