Tim Survei Lapangan Perpustakaan Nasional RI Tinjau Ketitik Lokasi Rencana Pembangunan Gedung Layanan Perpustakaan Daerah Lingga.

KL – Kepala Barenlitbang bersama Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Lingga mendampingi Tim Survei Lapangan Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI ke titik lokasi Rencana Pembangunan Gedung Layanan Perpustakaan Daerah Kabupaten Lingga yang dipilih dari DAK Fisik Subbidang Perpustakaan TA 2024. di Daik Lingga pada Selasa (03/ 10/2023). Verifikasi lapangan ini merupakan tindak lanjut hasil verifikasi dan penilaian terhadap data yang sudah diinput oleh pemerintah Kab. Lingga didalam aplikasi Krisna DAK dan hasil sinkronisasi yang telah dilaksanakan pada bulan Agustus kemarin.
Kadis Perpustakaan dan Arsip Drs. Said Rudifallo mengatakan setelah tim survei turun ke lapangan didapat kesimpulan bahwa rencana pembangunan perpustakaan daerah telah berjalan sesuai dengan persyaratan yang telah diajukan oleh Pemkab Lingga.
“Mudah-mudah dengan kesesuaian persyaratan yang disajikan akan dapat mempermudah kita untuk lolos ke tahap berikutnya” tutupnya.

Berdasarkan hasil penilaian dan hasil sinkronisasi tersebut, pemerintah pusat melalui kesepakatan antara Bappenas, Dirjen Perimbangan Keuangan Kemenkeu dan Perpustakaan Nasional telah menetapkan Kabupaten Lingga sebagai salah satu lokasi prioritas calon penerima Dana Alokasi Khusus (DAK) subbidang perpustakaan tahun 2024 untuk menu pembangunan gedung layanan perpustakaan, perabotan dan peralatan TIK dengan nilai total +/- 10,8 M

Untuk memastikan kesiapan dan kebenaran data yang telah disampaikan oleh Pemerintah Kabupaten Lingga melalui Dinas Perpustakaan, maka Perpustakaan Nasional menugaskan 2 orang tim DAK Perpusnas yaitu Bpk. T. Wisnu Pamungkas, S.Kom., M.Kom dan Bpk. Arief Budiman, S.Sos., MPA untuk melakukan verifikasi dan kunjungan lapangan ke lokasi rencana pembangunan gedung layanan perpustakaan Kab. Lingga pada tanggal 3-4 Oktober 2023.
Dari hasil verifikasi yang telah dilakukan tersebut, diketahui bahwa Pemerintah Kabupaten Lingga sudah memperbaiki kekurangan-kekurangan yang diminta oleh tim penilai DAK Perpusnas pada saat sinkronisasi di Jakarta pada aplikasi Krisna DAK.

Sementara hasil penilaian lapangan terhadap lokasi rencana pembangunan gedung layanan perpustakaan adalah lokasi yang ditunjukkan telah sesuai dengan hasil tagging pada aplikasi Krisna DAK, kemudian letaknya berada pada lokasi yang cukup strategis karena terdapat beberapa kantor pemerintahan dan terdapat beberapa sekolah yang berada didekatnya. Akses jalan menuju lokasi juga sudah cukup baik melihat kondisi jalan dan lingkungannya hanya tidak tersedia angkutan umum saja menuju lokasi.
Selanjutnya untuk pemerintah Kabupaten Lingga melalui Dinas Perpustakaan adalah segera dipersiapkan berkas-berkas yang dibutuhkan untuk dibawa pada saat pertemuan untuk membahas Rencana Kegiatan (RK) yang kemungkinan akan dilaksanakan pada akhir November atau awal Desember 2023 terutama terkait RAB dana penunjang untuk menggenapkan pagu yang akan dialokasikan oleh pemerintah dan bila RK sudah disetujui maka segera ditindaklanjuti dengan membentuk tim PPK agar proses pelaksanaan DAK 2024 dapat segera dilaksanakan.

Tambahan lainnya adalah, jika gedung layanan perpustakaan Kabupaten Lingga sudah terbangun agar dapat segera dimanfaatkan oleh masyarakat, dan Dinas Perpustakaan Kabupaten Lingga dapat menyusun atau membuat kegiatan-kegiatan yang dapat menghidupkan keberadaan perpustakaan sehingga bermanfaat bagi masyarakat dalam meningkatkan literasi.
Turut hadir mendampingi Tim Perpusnas RI adalah Pengelola Perencanaan Dana A Khusus (DAK) Fisik Kabupaten Lingga Subbidang Perpustakaan dari Barenlitbang Kabupaten Lingga, Perwakilan BPKAD Kabupaten Lingga, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Lingga, dan Perwakilan Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten Lingga.(* **)
Sumber : Kominfolingga

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


− delapan = 0

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.