Thursday , 27 January 2022
Kabar Ticker

Tingkatkan Pelayanan, Disdukcapil Lingga ikuti Program “Lingga Menyapa”

IMG-20170919-WA0006

KL- Tingkatkan pelayanan administrasi kependudukan terhadap masyarakat Kabupaten Lingga, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Lingga menyapa warga melalui Radio Bunda Tanah Melayu (RBTM), di Daik Lingga,

Kepala Disdukcapil Lingga Syamsudi mengatakan, adanya program Lingga menyapa melalui RBTM Kabupaten Lingga kinerja mereka terbantu, permasalahan apa yang di hadapi masyarakat terhadap pelayanan di Capil dapat di sampaikan melalui via telfon ke saluran RBTM, dan langsung dapat di jawab.

“Kami terus meningkatkan pelayanan masalah administrasi kependudukan masyarakat Kabupaten Lingga, baik itu KTP, KK dan akte kelahiran maupun akte kematian kami selalu siap, sesuai dengan beberapa program yang telah kami susun,” ungkapnya.

Dikatakan, peningkatan pelayanan publik dalam bidang kependudukan dengan pelayanan jemput bola dan meningkatnya kepemilikan dokumen kependudukan sehingga penduduk Kabupaten Lingga terlindungi dengan adanya dokumen kependudukan dari Disdukcapil.

“Tanggung jawab dan target kita terialisasinya kepemilikan kepastian hukum dan hak sipil masyarakat atas kepemilikan dokumen kependudukan,” terang mantan Kepala BKD Lingga ini.

Dia juga mengaku kendala yang mereka hadapi dalam meningkatkan pelayanan, karena Kabupaten Lingga terdiri dari kepulauan, hingga sistem jemput bola juga terkendala dengan transportasi memasuki Desa-desa yang berada di kepulauan dan pesisir.

“Keterbatasan anggaran untuk menuju ke masing-masing desa dan juga faktor cuaca menghambat mobilisasi masyarakat ke titik pelayanan. Ini menjadi kendala kita dalam meningkat pelayanan,” ujarnya mengaku.

Akan tetapi sambung Syamsudi, pihaknya sudah mencari solusi agar kendala tersebut dapat teratasi dengan menyiapkan beberapa langkah. Pengalaman selama ini, dijadikan motivasi dalam mencari solusi.

“Solusi kami ambil dan akan di jalankan pada tahun ini, dengan pelayanan administrasi kependudukan terpusat pada titik tertentu dengan melayani beberapa desa sekitar dan penerbitan dokumen kependudukan langsung di cetak di tempat, pelayanan kurang dari satu jam dan tanpa di pungut biaya,” imbuhnya.

Di RBTM pihaknya menampung aspirasi dari masyarakat Lingga terkait pelayanan dokumen kependudukan, apa yang menjadi keluhan dan masukkan di tampung guna mencari solusi yang terbaik.(Sam)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


− 5 = one

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top