Upacara Hari Jadi HUT Ke 20 Kabupaten Lingga Tahun 2023

KL- Pemerintah Daerah kabupaten Lingga melaksanakan Upacara Hari Jadi Ke-20 Kabupaten Lingga Tahun 2023 di Lapangan Sepak Bola Sultan Mahmud Riayat Syah Daik Lingga pada Senin, (20/11/2023)

Dalam amanatnya Bupati Lingga Muhammad Nizar yang bertindak sebagai inspektur upacara menyampaikan rasa syukur atas Hari Jadi Kabupaten Lingga yang kini telah berumur 20 Tahun.

Mari kita jadikan momentum ini sebagai tanda untuk berjuang lebih keras, tidak ada perjuangan dan kerja keras yang tidak menghasilkan apa-apa, kami yakin dengan visi yang kami usung Terwujudnya Kabupaten Lingga Sebagai Bunda Tanah Melayu yang Maju dan Sejahtera, kata Bupati Nizar.

Selanjutnya Bupati Nizar menyampaikan bahwa diusia Kabupaten Lingga yang ke-20 tahun, Pemerintah Kabupaten Lingga bersama FKPD, dengan segenam lembaga/instansi vertikal, seluruh perangkat daerah, serta seluruh elemen masyarakat terus berperan aktif dalam mendukung eksistensi Lingga yang semakin sejahtera.

Beberapa pencapaian makro Kabupaten Lingga juga disampaikan dalam kesempatan ini. Terwujudnya pemulihan dan peningkatan pertumbuhan ekonomi telah menunjukkan tren positif. Pada tahun 2021 laju pertumbuhan ekonomi Kabupaten Lingga sebesar 1,95%, sedangkan pada tahun 2022 mampu tumbuh hingga mencapai 3,75%.

Selanjutnya, Produk Domesitik Regional Bruto (PDRB) juga menunjukkan tren positif dengan indikator Produk Domestik Regional Bruto Atas Dasar Harga Berlaku (PDRB ADHB) pada tahun 2022, PDRB ADHB mencapai angka 4.853 Miliar Rupiah atau Naik 354 Miliar Rupiah dari tahun 2021 yang sebesar 4.499 Miliar Rupiah.

Jika dihitung dari jumlah penduduk Kabupaten Lingga maka PDRB ADHB Perkapita menunjukkan tren positif dimana pada tahun 2022 mencapai angka 47,18 Juta Rupiah atau naik 2 Juta Rupiah dari tahun sebelumnya (2021) sebesar 44,70 Juta Rupiah

Terkait upaya penanggulangan kemiskinan di Kabupaten Lingga, juga menampilkan kinerja yang baik. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun 2023 ini angka kemiskinan di Kabupaten Lingga mengalami penurunan yang signifikan, dari tahun 2022 yaitu 14,05% menjadi 11,26% pada tahun 2023.

Jika dilihat dari perubahan persentase jumlah penduduk miskin dari tahun 2022, Kabupaten Lingga mengalami penurunan sebesar 2,79% yang merupakan penurunan tertinggi dibandingkan Kabupaten/Kota lain di Provinsi Kepulauan Riau yang disusul oleh Kota Tanjung Pinang sebesar 1,90%. Adapun jumlah penduduk miskin berkurang sebesar 12.700 orang pada tahun 2022, menjadi 10.180 orang pada tahun 2023. Pada tahun 2023 ini, merupakan penurunan angka kemiskinan di Kabupaten Lingga tertinggi dalam 12 tahun terakhir (2011-2023).

Selain dari sisi PAD di Kabupaten Lingga yang terus meningkat, Pemerintah Kabupaten Lingga juga tetap konsisten dalam Pengelolaan Keuangan Daeraj dimana pada tahun 2022 Pemerintah Kabupaten Lingga kembali di anugerahi Predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI Perwakilan Provinsi Kepulauan Riau. Dan ini merupakan pencapaian ditahun yang ke 6 secara berturut-turut.

Peningkatan juga terasa pada bidang pembangunan infrastruktur, transportasi dan perhubungan, serta di bidang kesehatan. Pemerintah Kabupaten Lingga cukup aktif dalam rangka pencegahan dan penurunan angka stunting, dimana angka Prevalensi stunting pada tahun 2021 sebesar 13,82% terus turun pada tahun 2022 sebesar 7,4% yang mana sudah melewati target RPJMD Kabupaten Lingga Tahun 2021-2026 untuk tahun 2023 yaitu sebesar 8,50%.

Semua pencapaian-pencapaian yang di sebutkan oleh Bupati Nizar diatas tentunya atas kerjasama dan kolaborasi bersama berbagai pihak. Bupati beserta segenap jajaran Pemerintah Daerah Kabupaten Lingga mengucapkan terimakasih yang sebesar besarnya kepada seluruh lapisan masyarakat yang telah berpartisipasi dan memberikan sumbangsihnya dalam pembangunan Kabupaten Lingga hingga menginjak usia 20 Tahun.

“Tidak lupa kami ucapkan apresiasi dan ucapan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada para pejuang dan pendiri Kabupaten Lingga terutama yang telah mendahului kita semoga semua amal bakti mereka diterima Allah SWT serta diberi tempat yang terbaik disisi-Nya, sedangkan bagi pejuang dan pendiri Kabupaten Lingga yang sampai hari ini masih diberikan umur yang panjang oleh Allah SWT semoga selalu diberikan kesehatan dan kekuatan serta lindungan agar tetap dapat menyaksikan dan menikmati pembangunan Kabupaten Lingga” ujarnya.

Penghargaan setinggi-tingginya juga disampaikan oleh Bupati kepada seluruh Stakeholder di Kabupaten Lingga mulai dari DPRD, TNI dan Polri, serta Kejaksaan RI, instansi vertikal, LAM, TP PKK, pemerintah desa, tokoh masyarakat, tokoh agama, alim ulama, cerdik pandai, tokoh pemuda, dunia usaha dan perbankan, swasta, kalangan PERS, serta seluruh lapisan masyarakat atas semua partisipasi, bantuan dan dukungannya dalam membangun Kabupaten Lingga, Bunda Tanah Melayu.

Selesai Upacara berlangsung, kegiatan dilanjutkan dengan Pembagian Sertifikat Tanah oleh BPN, Penghargaan Kabupaten Layak Anak, Penyerahan Penghargaan kepada Forkopimda dan Instansi Vertikal, Penyerahan Penghargaan Anugerah Budaya, Penyerahan Buku 3 Tahun Kepemimpinan Nizar Neko, serta Penyerahan Pemenang Lomba Kebun PKK Kecamatan dan Kelurahan Se- Kabupaten Lingga, serta penghargaan dan bantuan lainnya.

Turut hadir Anggota DPD RI, Perwakilan Bank Indonesia Provisni Kepri, Kepala BPNP Provinsi Kepri, Sekretaris Daerah Kab Lingga, Ketua DPRD Kab.Lingga, Kapolres Lingga, Danlanal Dabo Singkep, Dandim 0315/Tanjung Pinang, Danpuslatpur, Kejari Lingga, Kepala Kemenag Lingga, Para Bupati dan Wakil Bupati Lingga pada masanya, Ketua LAM Lingga, Ketua MUI Lingga, Anggota DPRD, Kepala Perbankan se-Kab Lingga, Ketua TP PKK Kab. Lingga,Ketua Dharma Wanita Lingga, Ketua Piswan, Ketua Bhayangkari, Ketua Jalasenastri, Staf Ahli, Kepala OPD Kab.Lingga, Camat, Kades, Tokoh Masyarakat, dan undangan lainnya yang hadir.(***)

Sumber : DiskominfoLingga

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


tiga − 3 =

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.