Tuesday , 26 October 2021
Kabar Ticker

Upacara HUT Kemerdekaan RI Ke 72, Lanal Dabo Persembahkan Drama Singkat Perjuangan Sultan Mahmud Riayatsyah

18-08-01

KL – Dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-72, Lanal Dabo Singkep persembahakan drama singkat tentang kejayaan Sultan Mahmud Riayatsyah dalam mengusir penjajah.

Meski Kabupaten Lingga khususnya Daik tempat pelaksanaan upacara di lapangan sepak bola Sultan Mahmud Riayatsyah, tidak menggoyahkan peserta upacara sampai pengibaran merah putih, yang di pimpin langsung Bupati Lingga H Alias Wello.

Setelah upacara, penggiat seni yang terdiri dari anak-anak muda Kabupaten Lingga menunjukkan penampilannya membuat seluruh peserta upacara terkesima dan meski drama singkat, namun penuh makna.

Perjuangan Sultan Mahmud Riayatsyah dalam mengusir penjajah dari Kerajaan Lingga Riau. Keberhasilan perjuangan sultan sudah tersiar dalam sejarah dunia bahwasannya Sultan Mahmud Riayatsyah adalah pejuang dalam kesultanannya.

Bupati Lingga mengaku bangga dan terharu dengan adanya penampilan drama singkat tentang perjuangan Sultan Mahmud dalam mengusir penjajah.

“Adanya pertunjukkan singkat yang di persebahkan dari Lanal Dabo Singkep, telah mengntar kita memacu semangat kita lagi dalam memperjuangkan Sultan Mahmud Riayatsyah sebagai pehlawan nasional,” ungkap H Alias Wello, usai upacara dan poto bersama dengan pelakon Drama.

Dia mengaku, penampilan tersebut sangat luar biasa sekali apa lagi Lingga lagi semangat-semangatnya memperjuangkan Sultan Mahmud menjadi pahlawan nasional.
“Drama ini memantapkan tekad kita dalam mengusung beliau menjadi Sultan Mahmud, ini sangat bagus sekali saya sangat apresiasi sekali dengan Lanal Dabo, pada momen 17 Agustus ini,” paparnya.

Dilanjutkan, seakarang ini pihaknya sedang memantapkan berkas Sultan Mahmud menjadi pahlawan nasional untuk di ajukan ke Presiden Republik Indonesia. Dan mudah-mudahan dalam waktu dekat berkas tersebut siap di ajukan.

“Kita ambil hikmah dari perjuangan Sultan Mahmud dalam mengusir penjajah Belanda. Jadi kita jadikan momen ini untuk mengisi pembangunan di Kabupaten Lingga, atas perjuangan dan ketauladananya dalam memipin negeri,” pungkasnya.(Mrs/Sam)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


− two = 0

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top