Usai Mengikuti Kegiatan GERTAM Bupati Lingga Bersama Ibu Memantau Harga Bahan Pokok Dipasar Dabo

KL -Bupati Lingga bersama Ketua TP PKK Kabupaten Lingga mengikuti Kegiatan Gerakan Tanam Cabai (GERTAM) PKK Serentak Secara Nasional di Kebun KWT Bunga Lawang Desa Sungai Harapan Kecamatan Singkep Barat pada Senin (4/3/2024)

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Gandime Diyanto mengatakan bahwa Dinas Pertanian Kabupaten Lingga akan mendukung kegiatan PKK Kabupaten untuk memberikan bantuan dalam rangka Lambung Pangan Masyarakat.

Gandime juga menjelaskan bantuan yang akan diberikan yaitu pendampingan atau penyuluhan, bantuan bibit dan benih serta bantuan pupuk sesuai dengan kebutuhan.
“Alhamdulillah tenaga-tenaga penyuluh kami alumni POLBANGTAN di Jogja, memang benar-benar mahir dan lihai pada disiplin ilmunya dari pertanian. Dan ini juga merupakan salah satu upaya Pemerintah Daerah dalam meningkatkan SDM penyuluh” ungkapnya.

“Sementara itu Ketua TP PKK Kabupaten Lingga Ibu Maratusholiha Nizar mengisahkan pada akhir tahun 2021 setelah pelantikan Bupati Lingga, awal mula dari TP PKK Kabupaten Lingga mulai bertanam cabai dan memanfaatkan pekarangan karena keresahan masyarakat akan tingginya harga cabai pada saat itu yang mencapai 120 ribu perkilo nya dan bahkan bisa lebih tinggi.
Lebih lanjut Ketua PKK juga mengatakan pada tahun 2022 PKK Kabupaten Lingga telah membagikan bibit cabai ke desa dan kelurahan di seluruh Kecamatan sebanyak 10.000 bibit.

Ketua TP PKK berharap dengan masifnya gerakan menanam cabai di pekarangan ini dapat membantu mengontrol harga cabai serta dapat menekan angka inflasi di Kabupaten Lingga.

Turut hadir pada kegiatan ini Kepala Dinas Pertanian KP, Ketua Tim TPID Kabupaten Lingga, Camat se-Kabupaten Lingga, Kapolsek Singkep Barat, Kades dan BPD, Anggota PKK Kabupaten Lingga, PKK Kec. Singkep Barat, Ketua LAM dan Ketua MUI Singkep Barat, Anggota KWT Bunga lawang, serta undangan lainnya.

Usai mengikuti kegiatan gerakan GERTAM Bupati Muhammad Nizar didampingi Ketua Tp-pkk Kabupaten Lingga Maratusholiha Nizar, Kapolres Lingga, Ketua dan Anggota Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Lingga, OPD Terkait, dan Camat Singkep melakukan pemantauan ketersediaan dan stabilitas harga barang kebutuhan pokok / strategi pangan di beberapa toko dan pasar yang ada di Kecamatan Singkep.

Dalam Kesempatan ini M.Nizar menyampaikan jika harga kebutuhan pokok khususnya sembako dalam satu hingga dua bulan ini stabil dan ketersediaannya mencukupi.
“Tentunya transportasi merupakan hal yang terpenting dalam pendistribusian bahan pokok ke Kabupaten Lingga, jika transportasi seperti kapal roro itu macet / tidak berjalan, tentunya akan membantu ketersediaan bahan pokok khususnya di Kabupaten Lingga”. Ujar Nizar.

Selanjutnya bupati berharap menjelang masuknya Bulan Suci Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri, harga dan ketersediaan bahan pokok semuanya terkendali, dan dapat memberikan kenyamanan terhadap masyarakat Kabupaten Lingga untuk beribadah serta dalam kegiatan sehari-hari, menyimpulkan (***)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


delapan × 8 =

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.