Monday , 10 May 2021
Kabar Ticker

Akhir Desember BSPS Lingga Rampung

IMG-20171218-WA0005KL – Pelaksanaan Bantuan Setimulan Perumahan Swadaya (BSPS) dari Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) di Kabupaten Lingga di perkirakan akhir Desember 2017 akan kelar pekerjaannya.
Jefrizal, Kepala Seksi Perumahan dan Kawasan Pemukiman DPUPR-PKP  Kabupaten Lingga mengatakan, sebelumnya Kabupaten Lingga mendapat dana segar dari Kementrian PUPR untuk melakukan rehab rumah warga yang tergolong berat dan ringan sebanyak 391 rumah di Kabupaten Lingga.
“Bulan Oktober lalu, kita sudah memberikan material melalui pihak ketiga, yang sekarang ini hampir selesai pengerjaannya oleh pihak penerima BSPS. Sampai hari ini pengerjaannya tidak ada kendala,” ungkap Jefrizal, Senin (18/12).
Dia mengaku, sebanyak 391 rumah yang tersebar di Kabupaten Lingga diantaranya Kecamatan Lingga, Lingga Timur, Lingga Utara, Senayang dan Kecamatan Singkep Barat. Masing-masing pihak penerima, yang ada di katagorikan rehab berat dan rehab ringan.
“Sesuai petunjuk teknis, rehab berat dan ringan berbeda anggaran yang di berikan, kalau rehab berat satu rumah Rp15 Juta, sedangkan rehab ringan Rp10 Juta. Namanya rehab, itu anggaran yang di berikan sesuai petunjuk,” jelasnya.
Bantuan tersebut berasal dari APBN Tahun 2017 yang di salurkan melalui Kementrian PUPR untuk masyarakat kurang mampu, atau rumah tangga sasaran dalam pengentasan kemiskinan di Kabupaten Lingga, Provinsi Kepulauan Riau.
“Kita berharap bantuan rehab ini dapat dimanfaatkan masyarakat sebaik mungkin, yang mudah-mudahan tahun depan kita ajukan lagi yang belum dapat tahun ini dan semoga dapat terealisasi. Kita dari dinas berharap pekerjaan yang sudah di penghunjung tahun, pihak penerima dapat menyelesaikan rehab rumah sebaik mungkin,” imbuhnya.
Pantauan dilapangan, penerima ada yang merehab dan ada pula membangun kembali dengan kekurangan biaya di tanggung oleh penerima. Masih banyak lagi RTS di Kabupaten Lingga yang memerlukan bantuan pemerintah pusat, yang dalam hal ini menjadi ujung tombaknya Dinas PUPR Lingga.
Sedangkan informasi yang terhimpun, masyarakat sebagai penerima merasa terbantu dengan adanya perogram BSPS dari Kementrian PUPR RI, yang di salurkan melalui Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Lingga. (mrs/Sam)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


3 + two =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top