Wednesday , 12 May 2021
Kabar Ticker

MASYARAKAT DESA SUNGAI RAYA LAKUKAN PENYEGARAN KELOMPOK TERNAK SAPI

Slide1

KL-Masyarakat Desa Sungai Raya Kecamatan Singkep Barat mengadakan rapat dan pembentukan kelompok ternak sapi yang baru. Hal ini dilakukan menimbang kelompok yang lama tersebut sudah berjalan lebih kurang 5 tahun sehingga perlu diadakannya penyegaran akan kelompok ternak oleh para peternak sapi di desa tesebut. Selain pembentukan kelompok baru mereka juga mengadakan forum komunikasi antar masyarakat dan petugas dari dinas peternakan terkait masalah ternak mulai dari pola beternak yang baik hingga cara pengobatan dan perkembangbiakan ternak. Dalam rapat tersebut turut hadir perwakilan dari Dinas Pertanian dan Kehutanan bidang Peternakan Ben Agusmar yang merupakan petugas peternakan dan juga kepala Desa Sungai Raya Radiansyah.

Pada kesempatan itu, Radiansyah selaku kepala Desa Sungai Raya menjelaskan beberapa hal terkait mengenai bantuan ternak sapi pemerintah, ” mari kite same-same menjage bantuan ternak sapi ini dengan sebaik-baiknya, kite lah dapat bantuan lembu,  tinggal kite merawatnya je, kasih makan terus kalau sakit di obati, kan ade petugas dari peternakan kite tinggal menghubungi je minta di obati, kite peliharelah lembu tu dengan baek.  karne secare tak langsung hal ini juge turut membantu menambah pundi-pundi perekonomian rumah tangge kite. Mengenai peternak yang masih menunggu untuk mendapatkan bantuan lembu pemerintah tersebut kami harap bersabar dan segeralah mendaftarkan diri di kantor desa ni yang nanti nye bakal kami masukkan kedalam daftar antri, apebile ade anggota peternak laen yang nak nyetor ternaknye kite tinggal tengok di daftar antri siape selanjutnye yang dapat menerime bantuan ternak lembu pemerintah tersebut, jadi sekali lagi.marilah kite same-same menjage ape yang menjadi tanggong jawab kite dengan sebaik-baiknye”, ungkap Kepala Desa Sungai Raya yang selalu tampil energik ini.

Pada rapat hari itu akhirnya dapat diputuskan dengan azas musyawarah mufakat antar sesama anggota kelompok untuk menamai kelompoknya dengan nama kelompok “Harapan Jaya” yang di ketuai oleh Hafiz sebagai ketua terpilih untuk membantu anggota kelompoknya dalam hal mengawasi bantuan ternak pemerintah tersebut, selanjutnya acara di isi dengan agenda diskusi tanya jawab seputar penyakit dan cara pengobatan ternak sapi tersebut dengan petugas dari Dinas Peternakan. Acara berlangsung di gedung serba guna Desa Sungai Harapan Jum’at (30/09).

Adapun ditempat terpisah lainnya, Azhari yang merupakan ketua kelompok ternak sapi “Usaha Bersama” Desa Sungai Harapan saat bertemu media mengungkapkan, “bantuan yang sangat-sangat berhasil dan membantu dari pemerintah daerah untuk masyarakat seperti kami yaitu ternak, yang mane hingge saat ini masih menjadi harapan oleh kelompok ternak Desa Sungai Harapan, karne kami sudah menikmati hasilnye, tanpa disadari kami memelihara lembu ini same dengan kami menabung, lagi pula hingge hari ini yang dulunye disini pare peternak lembu cume punya 1 ekor sapi tapi sekarang sudah ade yang punye 2, 3 bahkan 4 ekor ternaknye, oleh karne itu saya katakan bahwe bantuan dari pemerintah yang hingge hari ini masih bise kami rasakan, kami pelihare dan nikmati dan mudah-mudahan bertambah yaitu bantuan sapi dari pemerintah inilah, ungkapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


four × 6 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top