Monday , 10 May 2021
Kabar Ticker

SK Bupati Belum Keluar, Tuda Petugas Kesehatan Molor

24-04-01

KL -Pegawai Negeri Sipil (PNS) Kabupaten Lingga yang mengabdi di Puskesmas, Postu, Polindes dan Rumah Sakit yang ada di Kabupaten Lingga, sampai hari ini belum menerima tunjangan daerah yang harusnya di bayar per triwulan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Lingga.

Pengakuan sumber dengan koran ini, para petugas kesehatan amat mengeluhkan masalah tunjangan yang sampai April 2017, blm ada kabar berita, sedangkan di tempat  lain sudah selesai pembayarannya pada awal Bulan April 2017.

“Kita tidak tahu harus bertanya dengan siapa. Kenapa sampai sekarang hak kami belum di bayar, eronisnya, pegawai di Dinas Kesehatan sudah di bayar, kenapa kami yang bekerja di pelayanan masyarakat belum di bayar,” ungkap sumber yang layak di percaya.

Pengakuannya, akibat belum keluarnya tunjangan daerah dari dinas kesehatan dari Januari sampai sekarang membuat banyak pegawai kesehatan yang tersebar di Lingga Kepulauan mengeluh dan bertanya kapan tuda mereka akan di bayar, sedangkan hidup terus berlangsung.

“Jujur, kalau mengandalkan gaji perbulan tidak memenuhi kebutuhan, karena hampir semua pegawai banyak meminjam uang di bank, jadi satu bulan gaji kami tersisa berapa, kalau tidak ada tunjangan,” terangnya.

Hal yang sama juga di keluhkan pegawai kesehatan lainnya, dia merasa aneh, kinerja terus minta di tingkatkan sedangkan hak mereka tidak di tunaikan tepat waktu.

“Meskipun tunda dibayar perbulan satu jutaan lebih , ini  sangat membantu sekali buat kami, karena kalau mengharap gaji tidak cukup setelah di potong bank. Jujur saya meminjam uang untuk buat rumah dengan jaminan SK PNS, jadi uang tuda menjadi penambahan kekurangan dari gaji setiap bulannya” ujarnya.

Katanya lagi, belum dibayarkannya tuda membuat perekonomian rumah tangga terganggu. Dia juga tidak tahu harus bertanya dengan siapa, kapan uang itu dibayar oleh pemerintah daerah melalui Dinas Kesehatan.

“Tidak tahu kami harus menanyakan dengan siapa, kalau salah tanya nanti jadi masalah. Kami hanya memendamkan keluhan ini, bicara lantang nanti di anggap negatif,” tuturnya.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lingga Dr H Syamsurizal melalui selulernya mengatakan, terkait belum dibayarkannya tunjangan daerah terhadap pegawai kesehatan disebabkan belum keluarnya SK Bupati Lingga, sedangkan bupati juga pengen cepat di bayar.

“Pak bupati pengennya cepat, karena terkendala administrasi, kami dari dinas sudah mengusulkan supaya barang ini secepatnya di tangani. Kita minta pegawai kesehatan harap bersabar, kita juga ingin cepat permasalahan ini selesai supaya kinerja mereka tidak menurun,” tutupnya singkat. (mrs/Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


7 × = forty nine

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top