Tuesday , 19 October 2021
Kabar Ticker

Stand Disdukcapil Paling Laris di Minati Masyarakat

IMG-20170322-WA0003

KL-Dengan adanya stand bazar Disdukcapil di area STQ ke 7 tingkat Kabupaten Lingga di Daik Lingga, untuk mempermudah masyarakat dalam kepengurusan KK, KTP , Akta kelahiran,Kematian dan Akta Perkawinan  mendapat tanggapan positif dari masyarakat Kabupaten Lingga yang bisa langsung melakukan perbaikan atau pembuatan surat-surat yang berhubungan dengan data kependudukan dilokasi Stand.

Seperti di ungkapkan Ibrahim warga Senayang, dia merasa sangat terbantu sekali adanya pelayanan yang di buka Disdukcapil di area STQ Ke VII di Daik Lingg sangat terbantu sekali bagi masyarakat yang berada di Pulau-pulau “ujarnya”

“Sambil kita hadir dalam ajang STQ kita dapat juga langsung melakukan kepengurusan KK, KTP dan Akte Kelahiran . Selain dekat, kepengurusannyapun sangat baik dan cepat, ini sangat positif sekali,” ungkap Ibrahim ketika di temui di sekitar stand Disdukcapil Lingga,

Dia menyarankan, kalau Kabupaten Lingga melaksanakan momen-momen hari besar seperti STQ dan hari besar yang lainnya, dia berharap Disdukcapil Lingga dapat membuka stand pelayanan online seperti ini, karena akan sangat membantu sekali masyarakat yang berada di kepuluan yang ada Di Kabupaten Lingga.

“Kalau ingin mengurus ke Dabo Singkep terlalu jauh, selain terkendala oleh jarak, namun juga berat di ongkos, jadi sedikit membuat kendala bagi kami masyarakat ingin membuat atau memperbaharui data kependudukan, apa lagi sekarang kerap sekali ada perubahan,” paparnya.

Sadar warga Lingga Utara juga mengaku, dengan sistem online yang diterapkan untuk kepengurusan tersebut, membuat semua kepegurusan serba cepat hanya hitungan menit langsung selesai. Sekarang ini pelayanan dari Capil sangat memuaskan.

“Cepat, pelayanan bagus dan tidak mempersulit, semua serba mudah. Sebagai masyarakat biasa saya sangat merasa terbantu sekali, Disdukcapil membuka stand pelayanan di area STQ ini,” jelasanya.

Sementara Joi warga Daek lingga Dia sangat puas dengan kepengurusan yang diadakan Disduk Capil di arena STQ ke 7 ini, dia juga menyarankan, agar setiap ada hari besar di gelar oleh Pemkab Lingga, Disdukcapil membuka stand pelayanan agak sedikit besar dari yang ada sekarang ini. Supaya petugas yang melayani dapat sedikit leluasa.

“Inikan pelayanan, kalau dapat kedepannya stand dibuat besar, karena menyangkut pelayanan sudah barang tentu banyak masyarakat melakukan kepengurusan data kependudukan,” imbuhnya.

Kepala Disdukcapil Lingga Syamsudi melalui Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk Muhammad mengaku, sejak di bukanya stand pelayanan ini secara online, membuat masyarakat sangat antusias sekali mengurus KK, KTP dan akta kelahiran, hal ini tidak terlepas dari pemberitahuan melalui media elektronik Siaran Radio Bunda Tanah Melayu (RBTM)  Media Cetak dan Media Online  dibukannya stand pelayanan capil di area STQ ke 7

“Masyarakat diarena STQ Sangat antusias sekali , kita membula pelayanan dari Pukul 08.00 WIB sampai Pukul 17.00 WIB, malam sekitar Pukul 19.00 WIB kami buka kembali dan sampai selesai acara,” ujarnya”

Pengakuannya, sejak stand ini di buka, stand inilah yang paling banyak di minati masyarakat. Kedatangan masyarakat, sangat antusias membuat KTP, melakukan anggota keluarga pada KK dan pembuatan akte kelahiran.

“Setiap hari kepengurusan masyarakat sejak dibukanya stand pelayanan terus meningkat, kami sebagai pelayananpun tidak ada kendala dalam pelayanan. Cuma kendala kita stand tidak besar membuat kami sedikit gerah,” ujarnya.

Terhitung sejak dibukakannya stand, sampai hari Jumat ini ( 24-03-2017) telah terselesaikan sebanyak  174 KK, 247 KTP dan  94  Akte kelahiran  2 surat kematian  dan 2 Akte Perkawinan Non Muslim Jumlah ini akan bertambah, karena jumlah masyarakat setiap harinya terus meningkat melakukan kepengurusan data kependudukan.

“Sistem data kependudukan inikan hidup, jadi akan akan ada perubahan, seperti KK ada penambahan keluarga, kalau pembuatan KTP Anak-anak yang sudah wajib memiliki KTP serta pembuatan akta anak yang baru lahir,kematian dan Akta Perkawinan” tutupnya” (Sam)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


− 2 = one

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top