KL- Pemerintah Kabupaten Lingga melalui Dinas Kebudayaan Kabupaten Lingga menggelar kegiatan tradisi Haul Jama’ di Replika Balairung Seri Istana Damnah.Selasa, (20/02/2024)

Tradisi Haul Jama’ sendiri biasanya dilaksanakan pada bulan Sya’ban menjelang Ramadhan. sama diketahui, Haul ialah dalam bahasa arab yang memiliki arti “kenduri”, sedangkan jamak memiliki makna “Bersama-sama” atau lebih dari satu.

Haul Jama’ ini biasanya dilaksanakan di Masjid-masjid ataupun di Surau-surau, dimana pelaksanaannya disampaikan dalam bentuk tahlil doa secara bersama-sama terhadap arwah Syuhada, ulama, Tuan Guru, pemimpin terlebih lagi kepada kedua orang tua kita keluarga dan sahabat yang telah meninggal dunia.

Selain membaca doa bersama, ada juadah atau hidangan yang disediakan oleh masyarakat secara sukarela sebagai jamuan bagi mereka yang datang.

“Tradisi haul jama’ ini melalui Dinas Kebudayaan Kabupaten Lingga telah menjadi salah satu warisan budaya tak benda Kabupaten Lingga yang sampai saat ini masih kita lestarikan sebagai tradisi rutin masyarakat Kabupaten Lingga khususnya” Ujar Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Lingga, Drs. Azmi.(***)

Sumber: DiskominfoLingga

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


8 + satu =

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.