Bupati Lingga Letakan Batu Pertama Rencana Pembangunan Rumah Tenun Dikawasan Damnah kecamatan Lingga

KL- Bupati Lingga bersama Ketua TP PKK Kabupaten Lingga mengunjungi dan melakukan peletakan batu pertama rencana pembangunan Rumah Tenun di kawasan Damnah kecamatan Lingga Sabtu, (27/5/23).

Kegiatan ini juga dilakukan penyiraman air yang juga merupakan tradisi masyarakat Lingga ketika akan melakukan pembangunan yang dilakukan oleh Ketua TP PKK Kabupaten Lingga.

Sekretaris Dinas Kebudayaan Syamsul Asrar mengatakan bahwa pembangunan rumah tenun di kawasan Damnah ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan pelatihan tenun yang dilakukan pada tahun 2021 silam.

Mengutip dari penggiat seni dan sejarah Lingga, Bapak Lazuardy mengatakan bahwa tenun berkembang dan mengalami masa kejayaan di Daik Lingga pada masa Kesulatanan Muhammadsyah yang memerintah pada Tahun 1832 M sampai dengan 1841 M yang terkenal dengan sebutan Almarhum Kedaton. Namun kegiatan menenun sudah mulai ditinggalkan masyarakat Lingga sejak masa pendudukan Jepang dikarenakan membuat masyarakat sangat ketakutan.

“Tapi sekarang alhamdulillah melalui Tenun Pemerintah Kabupaten Lingga ini dimunculkan lagi dan dihadirkan lagi bersama Tekad tidak lain dan tidak bukan untuk mengembalikan kejayaan khazanah masa lampau di Kesultanan Riau Lingga yang telah ditetapkan di Daik Lingga” ucapnya.

Hadir pada kegiatan ini Kepala Dinas Kebudayaan yang diwakili oleh sekretaris Syamsul Asrar, S.ST, MM, Perwakilan dari TP PKK kabupaten Lingga, Penggiat Seni dan Sejarah Lingga Bapak Lazuardy, Tokoh masyarakat dan tokoh agama serta beberpa undangan lainnya.(***)

Sumber : DiskominfoLingga

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


8 − lima =

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.