Friday , 27 May 2022
Kabar Ticker

BUPATI LINGGA M.NIZAR RESPON PEMBANGUNAN JEMBATAN MAROK KECIL

KL- Pemerintah Kabupaten Lingga melalui Dinas PUTR, bakal membangun jembatan yang berada di Desa Marok Kecil, Kecamatan Singkep Selatan tahun 2022 ini. Lebih kurang anggaran 1,5 miliar digelontorkan untuk pembangunan tersebut.
Rencana pembangunan jembatan merupakan proposal dari masyarakat dan pemerintah desa yang telah dilakukan dulu, karena merupakan satu-satunya akses penyebrangan yang sangat penting bagi masyarakat desa, dan diakomodir oleh pemerintah daerah.
“Untuk di Marok Kecil di 2022 ini ada pembangunan jembatan untuk tahap pertama,” kata Bupati Lingga, Muhammad Nizar saat melakukan safari Ramadhan ke desa tersebut, Minggu (10/04/2022).
Selain itu, kunjungan ke desa tersebut juga cerita tentang rencana pembangunan lainnya. Seperti penyambungan pipa air beraih kerumah yang upayakan masuk di APBD-P.
Sebelumnya, pada akhir tahun 2021 Bupati Lingga juga telah meresmikan sarana air bersih untuk Marok Kecil dengan anggaran yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2021 oleh Dinas PUPR Lingga Kementerian PUPR senilai Rp8,2 miliar.
Jaraknyapun cukup jauh, 6 kilometer dari sumber tengki dan 16 kilometer yang harus dipersiapkan sarana pipa untuk sampai kerumah warga.
“Insyaallah, mudah-mudahan itu berkisar sekitar Rp 200 juta lebih, bisa masuk di APBD-P. Agar warga bisa menikmati fasilitas udara sampai kerumah,” kata dia.
Sementara itu, Nizar juga secara umum juga bangga dengan Kecamatan Singkep Selatan, salah satunya dengan beroperasinya sentra Industri Kecil Menengah (IKM) Kelapa di Desa Resang.
Dengan adanya kerjasama pihak Koperasi Selingsing Jaya Mandiri dengan pemerintah Kabupaten Lingga melalui Disperindagkop, sentra ini telah mengeluarkan hasil produksi yang dijual keluar negeri. Pelepasan produksi dilakukan pada tanggal 21 dan 25 Maret 2022.
Direncanakan pada Mei mendatang akan diadakan MoU dengan BUMD, agar dapat diprioritaskan untuk PAD kabupaten Lingga.
“Saya bangga dan hari ini, kepada Camat dan Kades yang ada di Kecamatan Singkep Selatan. Dan insyaallah, dalam beberapa hari kedepan akan dilakukan lagi pembukaan 1 ton minyak mentah kelapa dengan harga 1 liter Rp 22.000 dengan merk Remala,” kata dia.
Begitu juga terkait pembangunan lain, akan terus diupayakan menyusul tahun 2023.
“Alhamdulillahi rabbil ‘alamin, khususnya di Marok Kecil, beberapa pembangunan telah terlihat. Semoga itu dapat disyukuri. Mudah-mudahan, dengan rencana pembangunan ditahun 2022 ini, dengan rencana-rencana pembangunan ditahun-tahun depan dipermudahkan dan ibadah puasa yang sedang dijalani dibulan suci ramadhan ini, mendapatkan berkah dan pahala Allah SWT,” ucap dia.
Kepala Desa Marok Kecil, Rusdi mengucapkan terima kasih atas upaya pembangunan yang telah dilakukan pemerintah daerah, terutama terhadap desa yang dia pimpin.
“Masih banyak yang harus dibangun boleh pemerintah daerah, ada 75 desa. Tapi alhamdulilah, Marok Kecil sangat diprioritaskan,” papar dia. (prokompim/Redaksi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


eight + = 10

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top