Monday , 2 August 2021
Kabar Ticker

Dabo Dibanjiri Durian

Dabo, KL- Seperti tahun-tahun sebelumnya, buah tahunan yang sering hadir setiap tahunnya, kali ini disudut pasar dabo kebali dipenuhi buah durian, puncak banjirnya buah durian pada tahun ini terjadi pertengahan juli hingga juni, hal tersebut berdasar harga buah durian yang ditawarkan pedagang 3-4 buah Rp10 ribu, untuk yang buah yang agak kecil, dan Rp15-25 ribu per buahnya untuk yang besar.

Alim, salah seorang pedagang buah musiman, mengatakan, memang untuk di beberapa daerah di dabo, banyak buah durian yang tidak menjadi, namun ada juga daerah pada tahun lalu tidak terlalu banyak mengeluarkan buah durian, tahun ini justru lebih banyak,

“Memang buah durian berpengaruh pada cuaca, pada tahun ini musim panas memang cukup lama melanda dabo singkep, di saat panas begitu kuat tiba-tiba hujan, hal ini yang membuat banyak bunga durian tak menjadi karena bunganya banyak yang gugur,” jelasnya. Senin (30/6).

Ibuk suryani, pedagang buah di sekitar pasar ikan dabo, mengatakan, buah durian yang ia jual adalah milik sendiri, kebun mereka yang berada di daerah cilatip Kecamatan Singkep Barat, memang sudah lama menanam pohon durian, ada ratusan pohon durian dikebun milik mereka, biasanya kebun durian milik mereka berbuah dua kali dalam setahun, perhitungannya pada bulan februari 2015 akan kembali berbuah,

“Yang kita jual isi durian, bukan buah, walau pun dalam bentuk buah, artinya durian yang kami jual tergantung jenisnya, seperti durian tembaga yang isinya kekuning-kuningan, juga durian jantung yang isinya putih, namun dari kualitas rasa tak perlu diragukan,” ujar istri Sanusi ini.

Dari pantau media ini dipasar dabo, dari beberapa pedagang buah durian, rata-rata harga buah durian yang di tawar kan oleh pedagang relatif sama,tergantung dari jenis durian dan juga besar kecilnya, diperkirakan durian membanjiri kota dabo hingga pertengahan bulan juli. (Puspan).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


+ two = 3

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top