Dukung Kemajuan Ekonomi Masyarakat Senayang, DPRD Lingga Sepakati Bangun Tiga Dermaga Tahun 2023

KL- Kabupaten Lingga Daerah kepulauan adalah salah satu wilayah kabupaten yang ada di provinsi Kepulauan Riau.
Kabupaten ini memiliki 13 kecamatan, 7 kelurahan, dan 82 desa.
Kabupaten Lingga merupakan daerah kepulauan dengan jumlah Pulau yang termasuk kedalam wilayah Kecamatan Lingga sebanyak 377 pulau besar dan kecil dan sekitar 285 pulau diantaranya belum berpenghuni.
Kecamatan Senayang adalah salah satu daerah kepulauan yang membutuhkan sarana. Dan prasarana transportasi laut untuk menunjang aktivitas warga.

Dermaga adalah salah satu sarana penting yang dibutuhkan masyarakat untuk beraktivitas sosial maupun ekonomi.
Mengingat pentingnya Dermaga , DPRD kabupaten Lingga kebijakan anggaran pembangunan tiga dermaga di Kecamatan Senayang pada tahun 2023.
Adapun alokasi anggaran infrastruktur pelabuhan ini sudah disetujui dalam Rapat Paripurna RAPBD Lingga tahun 2023 baru-baru ini. Melalui Dana APBD Lingga tahun 2023 disepakati sebesar Rp 946.676.395.563.

Ketua DPRD Lingga Ahmad Nashiruddin amengatakan pembangunan dermaga ini menjadi angin segar bagi masyarakat Senayang. “Kami sudah setujui pembangunan tiga dermaga ini,” ungkap Ahmad, akhir tahun lalu.

Adapun tiga lokasi dermaga itu yakni di Mabong, Pongok dan terakhir pembangunan tambatan perahu di Kentar. Masing-masing anggaran proyek yakni Rp598.730.400 untuk Dermaga Mabong dengan panjan 72 meter, Rp598.730.400 untuk Dermaga Pongok dengan panjang 72 meter dan Rp173.448.600 untuk pembangunan tambatan perahu Kentar dengan panjang 78 meter.

“Saya mengharapkan pembangunan ini dapat dilaksanakan pada tahun 2023 ini ,demi kepentingan masyarakat luas,” sambung Ahmad Nashiruddin

Selanjutnya Ia menjelaskan pembangunan dermaga ini adalah saran dari masyarakat Senayang. Mereka mengharapkan dermaga ini dapat memudahkan perekonomian masyarakat. mayoritas mata pencaharian masyarakat Senayang adalah sebagai nelayan. Pemanfaatan dermaga ini bisa memperpendek rentang kendali antar pulau.

Selain Dermaga di Kecamatan Senayang Tahun 2023 ini juga Pemkab Lingga membangun empat dermaga di daerah pedalaman lainnya di Kabupaten Lingga.

pelabuhan yang akan dibangun untuk mempermudah nelayan di Kabupaten Lingga untuk menambatkan perahu setelah melaut.

“Untuk pembangunannya akan mulai dilakukan pada pertengahan tahun 2023 mendatang,” imbuh Ahmad Nasirudin. (ADV)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


9 + sembilan =

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.