Hari Desa Asri Nusantara Desa Lanjut, Kecamatan Singkep Pesisir Tanam 100 Pohon Kelapa

KL- Hari Desa ASRI Nusantara adalah hari yang ditetapkan oleh Kementerian Desa PDTT melalui keputusan Menteri Desa PDTT Nomor 110 Tahun 2022 tentang Hari Desa, untuk mengingatkan kita tentang pentingnya lingkungan Desa ASRI ( Aman, Sehat, Rindang, Indah)

Dalam rangka peringatan Hari Desa ASRI yang dicanangkan oleh bapak Menteri Desa pada tanggal 20 Maret Tahun 2023. Maka Desa Lanjut Kecamatan Singkep Kabupaten Pesisir Lingga ,ikut berpartisipasi dalam kegiatan penanaman 100 pohon kelapa di dua titik lokasi tersebut, pada hari Minggu, (19/ 03/2023)

Kegiatan tersebut di pimpin langsung oleh Kepala Desa Lanjut , Samah bersama perangkat, Ketua BPD dan anggotanya, serta Pendamping Desa Kecamatan, Pendamping Lokal Desa (PLD) Ketua PKK, Ketua Karang Taruna, Kadus, RT, dan RW, Desa Lanjut Kecamatan Singkep Kabupaten Pesisir Lingga.

Adapun dua titik lokasi yang dilakukan adalah menenggelamkan pohon kelapa, yaitu digaris pantai dan dipematang sawah Desa Lanjut. Kegiatan dimulai dari pukul 08.30 wiba hingga selesai.
Dalam kesempatan ini ,Kepala Desa Lanjut Abu Samah disela kegiatan konsolidasi tersebut mengatakan “kegiatan Desa ASRI salah satu program Kementerian Desa yang nantinya akan ditanam secara simbolis oleh babak Wakil Presiden RI di Kabupaten Pelalawan pada tanggal 20 Maret, dengan target 8 Juta pohon se-Indonesia , maka disetiap Desa diseluruh Indonesia untuk ikut berpartisipasi menanam pohon, kegunaannya agar Desa se-Indonesia itu rindang secara keseluruhan,” tulisnya.

“Untuk Desa Lanjut kita berinisiatif untuk menanam pohon kelapa karena secara nilai ekonomisnya, dan pada hari ini coba kita lihat bersama warga Desa kami, setiap kali ingin membangun rumah selalu pohon kelapa yang ada dilokasi tersebut dimusnakan.akhirnya populasi pohon kelapa itu akan berkurang,maka Dengan adanya program ini kita galakan untuk ditanam kembali, setidaknya menyembunyikan ini bisa menjadi kebutuhan rumah tangga, itu salah satu tujuannya.

“Adapun Jenis pohon yang harus ditanam sesuai instruksi Menteri , seperti pohon yang bisa bertahan lama hidupnya, boleh kelapa, boleh mangga, sejenis pohon yang diperkirakan bisa hidup dengan jangka yang cukup lama, dan bermanfaat untuk kehidupan Manusia dan lingkungannya,” jelas Kepala Desa.

“Dengan adanya program ini saya berharap ,dapat melanjutkan agar Desa itu rindang dengan ditumbuhi pohon-pohon yang bermanfaat, sehingga ada nilai tambah untuk rumah tangganya dan ekonominya, karena jenis pohon seperti ini bisa hidup puluhan tahun dengan,cara menanamnya mudah, dan perawatan yang tidak begitu sulit.”

Selain itu menyelubungi pohon kelapa di garis pantai yang kami lakukan, itu dapat mencegah abrasi pantai, apalagi laut kita selalu ada perubahan iklim. Begitu juga dengan menyembunyikan pohon kelapa di pematangan sawah yang ada di Desa kami , saya juga berharap kedepannya nanti setiap pematangan sawah itu jadi rindang. Kita sangat berharap program ini bisa sukses, dan menjadikan Desa se-Indonesia Desa yang Aman, Sehat, Rindang, Indah. (ASRI),” pungkas Kepala Desa ini,(***)

Sumber : Kasmiran

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


6 − lima =

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.