Sunday , 22 September 2019
Kabar Ticker

Jelang Mudik, Pelabuhan Ponton Senayang Butuh Perbaikan

KL – Jelang mudik lebaran, Camat Senayang meminta Dinas Perhubungan Kabupaten Lingga melakukan perbaikan secara permanen dermaga apung (ponton) Senayang, yang sekian hari Mangkin keropos.
Kata Camat Senayang Kimat Awal, permasalahan dermaga apung yang berhampiran dengan dermaga beton Senayang tersebut sudah beberapa tahun ini mengalami rusak serius, dan membutuhkan perbaikan secara permanen.
“Sejak saya ditugaskan menjadi camat, dermaga apung itu sudah mengalami rusak berat, apa lagi sekarang menjelang mudik lebaran , saya yakin akan mengganggu penumpang turun atau naik dari kapal reguler,” ungkap Kimat Awal,
Saya khawatir dalam hitungan hari, masyarakat Senayang Kepulauan yang berada di luar daerah akan mudik ke kampung halaman, dan akan turun naik di pelabuhan tersebut.
“Kalau tidak di tangani secepatnya, takutnya dermaga apung semangkin parah dan tidak dapat dimanfaatkan lagi, karena antara Dermaga Apung dan Dermaga Beton saling mendukung ketika air laut dalam keadaan pasang atau surut,” jelasnya.
Menurutnya, ketika air laut naik pasang, kapal penumpang menggunakan pelabuhan beton, tapi ketika surut, kapal harus sandar di dermaga apung, untuk penumpang datang ataupun berangkat.

“Kalau dalam keadaan surut, Pelabuhan Beton terlalu tinggi turun naik penumpang, kecuali air dalam keadaan pasang. Tapi Alhamdulillah sepertinya sudah ada respon dari Dishub Lingga, karena dermaga apung itu dulunya dari provinsi,” imbuhnya.
Sementara Pelaksana tugas Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Lingga Selamat mengatakan, permasalahan ponton yang mengalami kerusakan di pelabuhan Senayang tersebut sudah di sampaikannya ke Dishub Provinsi Kepri, dan mereka berjanji segera turun melihat langsung kondisi dilapangan.
“Kami sudah koordinasi dengan provinsi, Insyaallah mereka akan turun kelapangan melihat langsung kondisi ponton yang berada di Pelabuhan Senayang, sebelum arus mudik,” ujar dia.
Untuk mengantisipasi takut terjadinya keterlambatan perbaikan oleh provinsi, Dishub Lingga sudah memikirkan arus mudik yang berada di Pelabuhan Senayang, bahkan dia akan memindahkan pelabuhan yang lama ke pelabuhan yang baru di bangun Tahun 2018 lalu.
“Kami juga sudah menyiapkan pelabuhan yang baru di bangun di Senayang tahun lalu. Pelabuhan itu juga sangat strategis. Bila mana provinsi melakukan rehab kerusakan ponton secepatnya, kita tetap manfaatkan pelabuhan yang lama,” pungkasnya. (Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


one × = 1

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top