Thursday , 27 January 2022
Kabar Ticker

Lebaran Sudah di Ambang Pintu, Akhirnya Gaji 13 dan 14 Guru Cair

20160701_100937

KL – Tidak seindah apa yang di harapkan kementrian ketenagakerjaan, pemerintah daerah harus membayar gaji 13 dan 14 untuk pegawai negeri sipil khususnya para guru-guru yang ada di Kabupaten Lingga, sepuluh hari sebelum lebaran. Sampai sekarang para guru menunggu kabar dari pemerintah daerah melalui Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Lingga.

“Kami dari guru, sangat berharap sekali gaji 13 dan gaji 14 di bayar untuk kebutuhan lebaran ini. Nyatanya sampai hari belum juga dibayar,” ungkap Mi’un, pada Media ini

Walau dia seorang PNS, dia mengaku masih banyak keperluan dengan uang tersebut dalam menyambut Hari Raya Idulfitri .

Namun penantian yang tak pasti membuat dia terkatung-katung, sementara keluarga berharap uang gaji 13 dan 14 dapat di terima sebelum lebaran.

“Kalau sampai sekarang tidak juga keluar saya yakin para guru di Kabupaten Lingga kecewa. Kalau di keluarkan sudah suntuk untuk di beli apa lagi uang itu. Yang kita butuhkan, menjelang lebaran ini, para guru banyak bertanya masalah ini, tapi mereka takut bertanya dengan instansi yang menaunginya,” terang Mi’un.

Senada disampaikan Normah, dia juga berharap menjelang lebaran gagi 13 dan 14 dapat di diterima, karena dia harus mudik lebaran ke kampung halaman orang tuanya. Sampai sekarang dia mengaku, menunggu uang tersebut tak juga keluar.

“Memang dalam rencana ingin pulang kampung menjelang lebaran, setelah gaji 13 dan 14 di dapatkan, tapi sampai sekarang uang yang diharapkan para guru tak kunjung cair. Kalau sampai hari ini tidak juga keluar, mungkin saya dan anak mengurung niat ingin pulang,” jelasnya.

Lambannya sistem pembayaran tersebut, membuat banyak guru-guru bertanya-tanya, apa penyebab dan kendala, samapai sekarang uang untuk lebaran tersebut tak kunjung di dapatkan. Padahal para guru sangat mengharapkan uang tersebut untuk mengahadapi lebaran.

“Kita ingin sampaikan kenapa sampai sekarang belum ada berita, dan apa pula penyebabnya. Kami sesama guru setiap hari bertanya-tanya sesama guru, kapan di keluarkan uang kami,” terangnya.

Informasi tidak sedap yang didapatkan para guru, tidak di cairkannya uang tersebut karena para guru sudah tidak ada di tempat lagi karena sudah menjalani masa libur sekolah, sedangkan UPTD di setiap kecamatan tidak berani bertanggung jawab dengan uang tersebut.

Manasri Sekretaris Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Lingga megaku, pada hari ini dinas sudah memanggil seluruh Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) di setiap kecamatan yang ada di Kabupaten Lingga untuk melakukan pembayaran gaji 13 dan 14 para guru.

“Insyaallah hari ini ada pembayaran gaji 13 dan 14 guru. Semua UPTD sudah di panggil untuk mengambil uang guru PNS yang ada di setiap kecamatan,” kata¬† Manasri di Disdikpora Lingga, Jum’at (1/7).

Di tempat yang sama, UPTD Kecamatan Singkep Selatan Agus, juga mengaku seluruh UPTD di panggil oleh Disdikpora untuk mengambil gaji 13 dan 14 pegawai, dan siap akan di serahkan ke masing-masing sekolah.

“Penyerahan ini akan dilakukan sebelum lebaran, karena masih ada waktu untuk di bagikan. Bagi yang tidak ada di tempatkan, selesai lebaranlah baru diserahkan,” pungkasnya singkat. (mrs/Sam)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


five − = 2

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top