Sunday , 21 July 2019
Kabar Ticker

Malam Pelepasan Siswa/Siswi SD 013 Lingga

KL – SD 013 Lingga melepas siswa/siswi terbaiknya pada malam perpisahan dengan orang tua wali murid dan majelis guru di panggung utama sekolah, di hadiri Korwil Pendidikan Kecamatan Lingga, Lingga Utara dan Selayar, Pengawas Sekolah dan Lurah Daik turut hadir, Sabtu (15/6) malam.
Meski acara sangat sederhana tersebut, namun sebanyak tujuh siswa/siswi SD yang dinyatakan lulus Tahun Ajaran 2018/2019, meneteskan air mata ketika memberi salam terakhir dengan majelis guru yang di dampingi orang tua wali murid.
Sanusi perwakilan orang tua wali murid yang anaknya meninggal SD 013 sekaligus mewakili komite sekolah menyampaikan terimakasih tidak terhingga, karena selama enam tahun di ajar di didik di sekolah ini.
“Alhamdulillah, terlaksananya acara ini, tak terlepas dari peran serta wali murid, pemuda dan masyarakat hingga acara berjalan lancar malam ini, dan dapat nilai ibadah di kemudian hari atas keikhlasannya membantu,” kata Sanusi.
Atas bimbingan dalam mendidik dan memberi ilmu bermanfaat dapat menjadikan anak-anak kami memanfaatkan apa yang telah para guru berikan untuk bekal mereka di tingkat pendidikan lainnya.
“Apa yang telah anak kami lakukan sekiranya tidak berkenan di hati bapak dan ibu guru mohonlah dimaafkan. Kami yakin dan percaya kalau guru tentu semaksimal mungkin untuk anak didiknya agar lebih baik,” sebutnya.
Perwakilan kakak kelas VI yang akan meninggal sekolah berpesan pada adik kelasnya agar belajar lebih giat, dan tingkatkan prestasi lebih baik lagi. Jaga sekolah dan tingkah laku jangan sampai bapak dan ibu guru marah.
“Hari ini kami sadari, marahnya bapak dan ibu guru pada kami, bukan berarti benci, tapi itulah cara mendidik dan mengajar kami hingga kami dapat menyelesaikan pendidikan disini. Ilmu bapak ibu berikan akan menjadi bekal kami di masa akan datang, terimakasih bapak dan ibu guruku,” ucapnya.
Jamiah, Kepala SD 013 Lingga menyampaikan, kalau SD yang di pimpinya memiliki 7 siswa/siswi, atas perjuangan wali kelas dan para guru, SD 013 Lingga lulus seratus persen dan mendapat peningkatkan dari tahun sebelumnya.
“Tahun Ajaran (TA) 2017/2018, SD 013 Lingga berada di rangking 11 tingkat Kabupaten Lingga, TA 2018/2019, Alhamdulillah atas kerja keras wali kelas kami berada di rengking lima, dari 137 SD yang ada di Kabupaten Lingga,” ungkapnya merasa bangga.
Dia mengaku, selama enam tahun ini dalam mendidik dan megajar, para guru tidak akan luput dari kesalahan dan marah, yang bukan berati guru itu benci, tapi untuk memberi bimbingan dan akhlak yang mulia.
“Malam ini, kami atas nama sekolah menyerahkan kembali anak-anak didik kami ini pada orang tua wali. Lanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi dan baik lagi. Kami dari sekolah berharap jaga nama baik sekolah di manapun berada,” imbuhnya berpesan.
Kepala Korwil Kecamatan Lingga Nasrun mengungkapkan, kalau SD 013 Lingga sekarang ini naik tingkat, baik itu akademik maupun non akademik, dia mengaku terharu adanya peningkatan pendidikan di wilayah Kecamatan Lingga.
“Saya haru dan bangga, kalau selama delapan bulan menjelang UN, kalau Wali Kelas VI SD 013 sudah bersusah payah melaksanakan trobosan pada anak didiknya. Ini luar biasa sekali, inilah yang namanya tanggung jawab, saya yakin wali murid tidak akan terbayar dengan keikhlasan seorang guru, semata-mata untuk menjaga nama baik sekolah ini,” kata Nasrun, merasa hiba.
Dia berpesan, dengan keterlibatan komite sekolah, dia berharap komite lebih berperan lagi dalam memajukan dan sekolah. Komite boleh masuk lebih dalam lagi dan bersama para guru dalam memperindah dan membuat suasana sekolah aman dan nyaman untuk para siswa dalam menimba ilmu.
“Saya yakin dan percaya kalau komite dan sekolah hubungannya terjalin dengan baik, hingga sekolah ini mendapat peningkatan prestasi. Komite boleh berperan lebih baik lagi dengan berkoordinasi dengan sekolah. Terjun labuh jauh lagi supaya dunia pendidikan kita kian bagus, jangan komite itu hanya untuk goro saja dan hal pembangunan, tapi masuklah lebih jauh lagi demi pendidikan anak-anak kita,” pungkasnya. (Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


5 − = zero

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top